PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA M ATERI PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN

DIANA ROZALINA W, 125060195 (2016) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA M ATERI PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Abstrak Bahasa Indonesia.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Bahasa Inggris.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (586kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui apakah metode role p laying dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SD Negeri Ciparay IX Kabupaten Bandun g; (2) mende skripsikan langkah - l angkah penerapan metode role p laying dala m meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri Ciparay IX Kabupaten Bandung. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), menggunakan model Kemmis dan Taggart. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Ciparay IX yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data tes, lembar observasi, catatan lapangan, da n dokumentasi. Tes digunakan untuk mengumpulkan data hasil belajar kognitif siswa, sedangkan lembar observasi digunakan untuk memperoleh hasil aktivitas guru dalam proses pelaksanaan pembelajaran IPS menggunakan metode role p laying . Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif untuk menganalisis data hasil belajar kognitif dan analisis deskriptif kualitatif untuk men ganalisis data hasil observasi . Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode role p laying pada pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri Ciparay IX Kabupaten Bandung. Berdaskan hasil tes yang diperoleh siswa pada setiap akhir siklus menunjukkan peningkatan hasil belajar IPS. P ersentase ketutasan pada pratin dakan sebesar 23. 3 3%, Siklus I sebesar 56.66%, dan siklus II sebesar 96.66 %. Secara proses, menunjukkan bahwa kualitas proses pembelajaran menjadi meningkat,terlihat dari siswa yang lebih aktif, komunikatif serta suasana pembelajaran lebih menyenangkan. Da lam penerapan metode r ole playing , guru perlu memperhatikan hal - hal sebagai berikut: (1) Naskah drama diberikan kepada siswa sebelum pelaksanaan; (2) Siswa yang mengobservasi diberi kesibukan dengan mengerjakan LKS; (3) langkah - langkah metode role p laying dilaksanakan secara keseluruhan dalam satu pertemuan; (4) menciptakan suasana pembelajaran yang santai, menyenangkan namun terkendali. Kata kunci : Hasil belajar IPS, metode r ole p laying

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 26 Sep 2016 21:34
Last Modified: 26 Sep 2016 21:34
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12868

Actions (login required)

View Item View Item