PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS IV SDN LINGGAR 03 (Penelitian Tindakan Kelas pada Pembelajaran IPS Pokok Bahasan Peta Lingkungan Setempat)

ENDAH ROHAYANI, 125060261 (2016) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS IV SDN LINGGAR 03 (Penelitian Tindakan Kelas pada Pembelajaran IPS Pokok Bahasan Peta Lingkungan Setempat). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1.Cover.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7.Abstrak Indonesia.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8.Abstrak Inggris.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10.Bab 1.pdf

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11.Bab 2.pdf

Download (826kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15.Daftar Pustaka.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15.Daftar Pustaka.pdf

Download (200kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kerjasama dan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) pada pembelajaran IPS pokok bahasan peta lingkungan setempat. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Linggar 03 dan dilatar belakangi keadaan peserta didik yang kurang menunjukkan kerjasama di dalam proses kerja kelompok dan hasil belajar yang masih banyak di bawah KKM karena guru sering menggunakan metode ceramah yang cenderung monoton. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus dengan 2 pertemuan pada setiap siklusnya dan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) yang terdiri dari 6 fase yaitu, stimulus/pemberian rangsangan, pernyataan/identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data, pembuktian, menarik kesimpulan/generalisasi. Penilaian yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes untuk mengetahui hasil belajar peserta didik, penilaian kerjasama dan hasil observasi untuk mengetahui kegiatan guru dan peserta didik selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata dari kerjasama dan hasil belajar. Pada penilaian kerjasama nilai rata-rata siklus I yaitu 56,10 sedangkan siklus II mencapai nilai rata-rata 76,7. Hasil belajar siklus I nilai rata-rata yaitu 67,5 dan hasil belajar siklus II nilai rata-rata yaitu 80,7. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan kerjasama dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPS pokok bahasan peta lingkungan setempat di kelas IV SDN Linggar 03. Dengan demikian, penggunaan model kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran IPS dengan pokok bahasan yang lainnya. Kata Kunci : model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD), kerjasama, hasil belajar, kelas IV.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 26 Sep 2016 18:01
Last Modified: 26 Sep 2016 18:01
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12867

Actions (login required)

View Item View Item