UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY PADA KONSEP SUMBER ENERGI ALTERNATIF KELAS IV SD (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa kelas VI SD Negeri Sinarsaluyu Kecamatan Saguling Kabupaten Bandung Barat Tahun Ajaran 2015/2016)

Cipto Ardi Wirawan, 125060299 (2016) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY PADA KONSEP SUMBER ENERGI ALTERNATIF KELAS IV SD (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa kelas VI SD Negeri Sinarsaluyu Kecamatan Saguling Kabupaten Bandung Barat Tahun Ajaran 2015/2016). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Indonesia.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Inggris.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (475kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (93kB) | Preview

Abstract

Telah dilakukan penelitian di salah satu Sekolah Dasar Negeri kelas IV di Kabupaten Bandung Barat yang dilatarbelakangi oleh masalah kurangnya minat belajar siswa. Hal tersebut ditandai dengan gejala: tidak adanya respon ketika guru mengajukan pertanyaan, tidak berani mengajukakan pertanyaan maupun pendapat, cepat merasa bosan ketika diberikan tugas. Berdasarkan permasalahan tersebut, model pembelajaran discovery digunakan dalam pembelajaran untuk memotivasi siswa. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan penggunaan model pembelajaran discovery dalam pembelajaran, (2) mendeskripsikan peningkatan motivasi belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas Kemmis dan Mc Taggart. Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran discovery pada umumnya sudah baik. Berikut ini hasil motivasi belajar siswa setelah model pembeljran discovery digunakan: pada siklus I ketepatan siswa dalam mengumpulkan tugas yang diberikan sebesar 80% sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 100%, keberanian siswa dalam mengajukan pertanyaan pun meningkat pada siklus I sebesar 40% menjadi 60% pada siklus II, keberanian siswa dalam mengemukakan pendapat mengalami peningkatan juga dari siklus I sebesar 40% meningkat menjadi 80% pada siklus II, dan terakhir pada indikator kemandirian siswa mengerjakan tugas pada siklus I sebesar 50% meningkat menjadi 85% pada siklus II. Simpulan penelitian ini adalah pelaksanaann pembelajaran dengan penggunaan model pembelajaran discovery dilakukan dalam dua siklus yang terdiri atas tahapan stimulation, statement,collecting, processing, verivication, dan generalization. Setelah model pembelajran discovery digunakan, motivasi belajar siswa meningkat. Kata kunci: motivasi belajar siswa, model pembelajaran discovery

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 26 Sep 2016 17:36
Last Modified: 26 Sep 2016 17:36
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12855

Actions (login required)

View Item View Item