PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPS MATERI KENAMPAKAN ALAM DAN SOSIAL BUDAYA (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Gayatri Desa Bojongpetir Kecamatan Tanggeung Kabupaten Cianjur)

DEWI PUSPITASARI, 125060037 (2016) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPS MATERI KENAMPAKAN ALAM DAN SOSIAL BUDAYA (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Gayatri Desa Bojongpetir Kecamatan Tanggeung Kabupaten Cianjur). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTARAK BAHASA INDONESIA.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTARAK BAHASA INGGRIS.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (91kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada masalah pokok bagaimana meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu Untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Gayatri dalam pembelajaran IPS pada materi kanampakan alam dan sosial budaya dengan penerapan model Problem Based Learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini yaitu terhadap siswa kelas IV di SDN Gayatri yang berjumlah 34 siswa. Model pembelajaran yang mendukung penelitian ini yaitu model pembelajaran Problem Based Learning. Model pembelajaran Problem Based Learning ini dilakukan dengan adanya pemberian rangsangan berupa masalahmasalah yang kemudian siswa memecahkan masalah dengan mencari informasiinformasi tersebut dan membuat siswa aktif dalam pembelajaran. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes uraian, yaitu berupa observasi terhadap guru dan siswa, tes siklus, serta angket skala sikap siswa. Dari hasil penelitian dan pembahasan, aktivitas siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning mengalami peningkatan dan hasil belajar siswa yang dilihat pada persentase pada tiap siklusnya mengalami peningkatan. Hasil angket skala sikap siswa menyatakan bahwa sebagian besar memberikan respon sangat baik atau positif terhadap pembelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS mengalami peningkatan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Kata kunci : Problem Based Learning, aktivitas, hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 26 Sep 2016 19:31
Last Modified: 26 Sep 2016 19:31
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12854

Actions (login required)

View Item View Item