MENINGKATKAN KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DALAM PELAJARAN IPS (Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan di Kelas IV SDN Sukawening Kecamatan Cimaung Kabupaten Bandung)

Restu Novadiyatna, 125060266 (2016) MENINGKATKAN KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DALAM PELAJARAN IPS (Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan di Kelas IV SDN Sukawening Kecamatan Cimaung Kabupaten Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover Skripsi.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak B.Indonesia.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak B.Inggris.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I fix.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II fix.pdf

Download (480kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (88kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kerjasama dan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) pada pembelajaran IPS materi Membaca dan Menggambar Peta Lingkungan Setempat. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Sukawening dan dilatar belakangi keadaan siswa yang kurang menunjukan kerjasamanya didalam proses kerja kelompok dan hasil belajar yang masih banyak dibawah KKM karena guru sering menggunakan metode ceramah yang cenderung monoton dan belum menggunakan model pembelajaran Kooperaatif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD). Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan 2 pertemuan dalam setiap siklusnya dan menerapkan model pembelajaran Kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) yang terdiri dari 6 fase, yaitu: stimulus/pemberian ransangan, mengorganisasikan dalam kelompok belajar, menyajikan informasi, membimbing kerja kelompok dan belajar, evaluasi dan memberikan penghargaan. Penialaian yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes untuk mengetahui hasil belajar siswa, penilaian kerjasama dan lembar observasi untuk mengetahui kegiatan guru dan siswa selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan nilai rata-rata dari penilaian kerjasama dan hasil tes belajar. Pada penilaian kerjasama nilai rata-rata siklus I yaitu 59,15 (43,33%), sedangkan siklus II mencapai 73,35 (76,66%). Hasil belajar siklus I yaitu 69,83 (53,33%), dan hasil belajar pda siklus II yaitu 74,66 (86,66%). Hal ini menunjukan bahwa penggunaan model Kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan kerjasama dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS materi membaca dan menggambar peta lingkungan setempat di kelas IV SDN Sukawening. Dengan demikian, penggunaan model Kooperatif tipe STAD dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran IPS pokok bahasan yang lainnya. Kata kunci: Student Team Achievement Divisions, kerjasama, dan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 26 Sep 2016 17:27
Last Modified: 26 Sep 2016 17:27
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12847

Actions (login required)

View Item View Item