PENGGUNAAN METODE INKUIRI DALA M UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA PERKEMBANGBIAKAN HEWAN DAN TUMBUHAN SUBTEMA PERKEMBANGBIAKAN DAN DAUR HIDUP HEWAN

NUR AFIFAH, 125060055 (2016) PENGGUNAAN METODE INKUIRI DALA M UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA PERKEMBANGBIAKAN HEWAN DAN TUMBUHAN SUBTEMA PERKEMBANGBIAKAN DAN DAUR HIDUP HEWAN. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak bahasa inggris.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak bahasa indo.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (519kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (104kB) | Preview

Abstract

Penelitian yang berjudul “Penggunaan Metode Inkuiri Dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Tema Perkembangbiakan Hewan Dan Tumbuhan Subtema Perkembangbiakan Dan Daur Hidup Hewan” Siswa Kelas III SDN Tilil I dilatarbelakangi karena adanya perma salahan di lapangan mengenai hasil belajar siswa yang sebagian besar belum mencapai ketuntasan serta kurangnya motivasi atau semangat siswa selama proses pembelajaran. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor yaitu faktor dari guru yang tidak menggunakan me tode yang bervariatif dan faktor dari siswa itu sendiri yang masih belum aktif dan kurang terlibat dalam pembelajaran. Metode inkuiri adalah strategi pembelajaran inkuiri, yakni rangkaian kegiatan pembelajaran yang menekankan pada proses berfikir secara k ritis dan analitis untuk mencari dan menemukan sendiri jawaban dari suatu masalah yang dipertanyakan . Penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari beberapa tindakan, perencanaan, pelak sanaan, analisis, dan refleksi. Hasil dari penelitian siklus I menunjukan motivasi siswa mencapai hasil yang diinginkan sebesar 58% pada siklus ini dikategorikan pada kategori (cukup baik). Sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 87% pada s iklus II ini dikategorikan pada kategori (sangat baik). Adapun hasil dari penelitian siklus I menunjukan hasil belajar siswa mencapai presentase ketuntasan sebesar 58% pada siklus ini dikategorikan pada kategori (cukup baik). Sedangkan siklus II yang merup akan perbaikan dari siklus I mengalami peningkatan yang sangat signifikan sebesar 94% pada siklus II ini dikategorikan pada kategori (sangat baik). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode inkuiri dapat meningkatkan motivasi dan hasil be lajar siswa kelas III SDN Tilil I pada tema perkembangbiakan hewan dan tumbuhan subtema perkembangbiakan dan daur hidup hewan. Dengan demikian, metode inkuiri dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif metode pembelajaran untuk diterapkan pada pembelaja ran tematik. Kata Kunci : M etode inkuiri, hasil belajar siswa, motivasi siswa, subtema perkembangbiakan dan daur hidup hewan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 26 Sep 2016 18:49
Last Modified: 26 Sep 2016 18:49
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12844

Actions (login required)

View Item View Item