PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS TENTANG MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI (Penelitian Tindakan Kelas Dilaksanakan pada Siswa Kelas IV Semester 2 SD Negeri Ciparay 03 Tahun Pelajaran 2015/2016)

DIAN PUSPITA, 125060089 (2016) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS TENTANG MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI (Penelitian Tindakan Kelas Dilaksanakan pada Siswa Kelas IV Semester 2 SD Negeri Ciparay 03 Tahun Pelajaran 2015/2016). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER JUDUL SKRIPSI.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak inggris.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (400kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (91kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SD Ciparay 03 terhadap pelajaran IPS pada materi perkembangan teknlogi yang dilatar belakangi oleh masih rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa terhadap materi pembelajaran tersebut. Desain penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari II siklus. Setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan yang meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa yang terlihat dari hasil belajar menunjukkan peningkatan di setiap tes. Hasil evaluasi pada siklus I menunjukan siswa yang mencapai nilai KKM hanya berjumlah sebesar 72%. Hasil evaluasi siklus II menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan, pada siklus II siswa yang mencapai nilai KKM sebanyak 88,5%, terjadi peningkatan sebesar 16,5% dari hasil evaluasi siklus I. Sedangkan untuk hasil penilaian motivasi siswa pada siklus I yaitu 70,4%. Pada siklus II aktivitas siswa dalam belajar meningkat sebanyak 88,8%. Artinya adanya peningkatan aktivitas yang dirasakan oleh siswa sendiri setelah mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajan Discovery Learning meningkat 18,4% dari hasil aktivitas siklus I. Sementara aktivitas siswa terhadap pembelajaran terlihat efektif, hal tersebut terlihat dari keaktifan siswa dalam proses pembelajaran, siswa berperan aktif dalam diskusi dan penggunaan media pembelajaran. Respon siswa terhadap pembelajaran sangat positif, siswa bersemangat dan merasa senang dalam pembelajaran dan mampu menguasai kelas. Dengan demikian kesimpulan dalam penelitian adalah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dari hasil pretes sampai pelaksanaan evluasi siklus I dan evaluasi siklus II menunjukan peningkatan yang baik, hasil pelaksanaan evaluasi siklus II menunjukkan siswa yang mencapai KKM sebanyak 88,8%, hal tersebut melebihi target yang ditentukan penulis yaitu 80%. Selain itu aktivitas siswa dalam pembelajaran menjadi meningkat, hal tersebut terjadi karena siswa yang ikut berperan aktif dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: Discovery Learning, Aktivitas, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 26 Sep 2016 17:18
Last Modified: 26 Sep 2016 17:18
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12838

Actions (login required)

View Item View Item