MEMBANDINGKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN METODE CERAMAH DENGAN PENGGUNAAN MULTIMEDIA BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA KONSEP SEL

NURUL RAHMAWATI, 125040174 (2016) MEMBANDINGKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN METODE CERAMAH DENGAN PENGGUNAAN MULTIMEDIA BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA KONSEP SEL. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Abstrak Indonesia.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Abstrak Innggris.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (380kB) | Preview
[img]
Preview
Text
18. Daftar Pustaka.pdf

Download (92kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi permasalahan rendahnya hasil belajar siswa terhadap materi sel yang disebabkan oleh pembelajaran yang cenderung membosankan bagi siswa. Siswa kurang akif di kelas XI MIA SMA Negeri 16 Bandung tahun ajaran 2016/2017. Maka dibutuhkannya model metode, dan media pembelajaran yang bisa membuat siswa menjadi lebih aktif dan kreatif dalam mengikuti proses pembelajaran, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Sampel penelitian adalah siswa SMAN 16 Bandung kelas XI MIA 1 dan XI MIA 4 dengan jumlah siswa masing-masing kelas sebanyak 33 orang siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen atau eksperimen semu dengan desainnon-equivalent control group design. Variabel penelitian terdiri atas 2 variabel, yaitu variabel bebas berupa multimedia berbasis discovery learning dan metode ceramah, variabel terikat berupa hasil belajar siswa. Teknik pengambilan sampel digunakan dengan teknik Purposive Sampling yakni teknik pengumpulan sampel dengan pertimbangan kriteria kelas yang nilai rata-rata hampir seimbang pada pembelajaran biologi. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan tes soal berupa test objektif (pilihan ganda) terdiri dari pretest dan posttest yang isi soalnya sama yaitu 15 soal pilihan ganda. Pretest digunakan untuk mengetahui kemampuan awal siswa sebelum pembelajaran dan posttest digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah pembelajaran. Hasil analisis data menunjukan peningkatan hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar 45,07 dan rata-rata posttest pada kelas eksperimen sebesar 80,25. Sedangkan nilai rata-rata pretest kelas pembanding mencapai nilai 45,9 dan dan nilai rata-rata posttest kelas pembanding mencapai nilai 72,7. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan multimedia berbasis discovery learning dapat digunakan sebagai salah satu alternatif dalam kegiatan pembelaran untuk menigkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Multimedia berbasis Discovery Learning,Metode Ceramah, Hasil Belajar, Sel.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 26 Sep 2016 15:19
Last Modified: 26 Sep 2016 15:19
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12822

Actions (login required)

View Item View Item