PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENUMBUHKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN TELITI PADA SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV SD Negeri Saluyu 2 Bandung)

ANDI JULIANTO, 125060190 (2016) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENUMBUHKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN TELITI PADA SUBTEMA KEBERSAMAAN DALAM KEBERAGAMAN (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV SD Negeri Saluyu 2 Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak inggris.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I EDIT.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II EDIT.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA ok.pdf

Download (158kB) | Preview

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan di SD Negeri Saluyu dengan subjek penelitian adalah kelas IV. Adapun tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan Sikap Percaya Diri dan Teliti serta hasil belajar siswa. Pada penelitian ini peneliti melakukan penelitian pada sub tema Kebersamaan dalam keberagaman dengan model Discovery Learning dalam pembelajarannya. Objek penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa 40 orang yang terdiri atas 20 laki-laki dan 20 orang perempuan, adapun instrumen yang dipakai dalam penelitian kali ini adalah observasi, evaluasi hasil belajar siswa berupa post tes. Pengolahan dan pengumpulan data berdasarkan dari hasil tes, lembar observasi, hasil wawancara observer dan studi dokumenter. Dari hasil belajar, Rata- rata hasil belajar siswa pada data tindakan di siklus I mendapatkan hasil rata-rata hasil belajar 69.9 selanjutnya dilakukan kembali pada siklus II mendapatkan hasil 78. Peningkatan hasil belajar dalam bentuk persentase Siklus I menjadi 80 % dilanjutkan kembali pada siklus II menjadi 100 % dari jumlah 40 tuntas dalam hasil belajar. Dapat di simpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model Discovery Learning pada sub tema kebersamaan dalam keberagaman dapat meningkatkan sikap percaya diri dan teliti serta hasil belajar siswa. Kata kunci : Discovery Learning, Sikap percaya diri, teliti dan Hasil belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 26 Sep 2016 15:12
Last Modified: 26 Sep 2016 15:12
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12819

Actions (login required)

View Item View Item