PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENUMBUHKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA FUNGSI ALAT INDERA MANUSIA DAN PEMELIHARAANYA (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas 4 SDN Limbangan Tengah IV Kecamatan BL. Limbangan Kab.Garut Tahun Ajaran 2016/2017)

RIPA SITI FIRANI, 125060305 (2016) PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENUMBUHKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA FUNGSI ALAT INDERA MANUSIA DAN PEMELIHARAANYA (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas 4 SDN Limbangan Tengah IV Kecamatan BL. Limbangan Kab.Garut Tahun Ajaran 2016/2017). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak[1].pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT[1].pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I FIX.pdf

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II FIX.pdf

Download (611kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (286kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini diatar belakangi fakta bahwa kemampuan berfikir kritis masih rendah dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA belum mencapai KKM. Kejadian ini karena poses pembelajaran yang dilakukan oleh guru masih cenderug berpusat pada guru, dan siswa tidak dilibatkan dalam proses pembelajaran. Akibatnya siswa pasif, karena proses pembelajaran kurang menarik dan penggunaan model pembelajaran yang kurang cocok dengan tingkat berfikir siswa sehingga kemampuan berfikir kritis siswa rendah dan berdampak pada hasil belajar siswa yang belum mencapai KKM. Berdasarkan hal tersebut salah satu upaya untuk memperbaiki kemampuan berfikir kritis dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi fungsi alat indera manusia dan pemeliharaanya dengan menggunakan model Discovery Learning. Berdasarkan latar belakang maka muncul permasalahan yaitu mampukah penggunaan model Discovery Learning menumbuhkan kemampuan berfikir kritis dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi fungsi alat indera manusia. Tujuan penelitian ini untuk menumbuhkan kemampuan berfikir kritis dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Limbangan Tengah IV pada mata pelajaran IPA. Dengan menggunakan model Discovery Learning untuk PTK. Data-data penelitian diumpulkan melalui instrumen observasi, angket respon, daftra ceklis, dokumentasi dan tes dilakukan dalam 2 siklus yang dalam setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan yang baik dalam hal berfikir kritis dan hasil belajar. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah penggunaan model Discovery Learning pada mata pelajaran IPA materi fungsi alat indera manusia di kelas IV SDN Limbangan Tengah IV terbukti berhasil dapat meningkat kemampuan berfikir kritis dan hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa pada siklus I nilai rata-rata 46,1%, sedangkan pada siklus II nilai rata-rata 80,7%.hal tersebut membuktikan bahwa penggunaan model Discovery Learning dapat meningkat. Kata kunci: Model Discovery Learning, Berfikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 26 Sep 2016 14:59
Last Modified: 26 Sep 2016 14:59
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12811

Actions (login required)

View Item View Item