PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PELAJARAN IPS TENTANG PETA LINGKUNGAN SETEMPAT DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL)

PERTY RISKIA PUTR, 125060057 (2016) PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PELAJARAN IPS TENTANG PETA LINGKUNGAN SETEMPAT DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT ING.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (643kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (86kB) | Preview

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan di SDN Tilil 2 Bandung Kecamatan Coblong Kot a Bandung dengan jumlah siswa 31 orang siswa. Penelitian ini dilatar belakangi dengan masalah kurangnya motivasi dan hasil belajar karena guru kurang melibatkan siswa dalam proses pembelajaran, sehingga motivasi belajar siswa masih rendah yang menyebabkan siswa menjadi bosan dan malas un tuk mengikuti pembelajaran. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dilakukan upaya dengan cara menerapkan suatu model pembelejaran Problem Based Learning (PBL ). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mater i Peta Lingkungan Setempat. Penelitian ini dilakukan dalam 3 siklus, setiap siklusnya terdiri dari 2 kali pertemuan atau pembelajaran. Adapun tahapannya terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, obs ervasi, analisis, dan refleksi. Hasil penelitian menunj ukkan adanya peningkatan motivasi dan prestasi belajar siswa pada setiap siklusnya. Hasil penelitian prestasi belajar s iklus I nilai rata - ratanya 64,0 , s i klus II nilai rata - ratanya 83,2 , si k lus III nilai rata - ratanya 83,5 Jumlah siswa yang mencapai keberha silan meningkat setiap siklu s nya, dari siklus I sebesar 25,8% atau sebanyak 8 orang siswa, siklus II sebesar 77,4% atau sebanyak 24 orang si s wa, dan siklus III sebesar 83,9% atau sebanyak 26 orang siswa. Begitu pula dengan hasil pada motivasi belajar siswa meningkat, pada siklus I pengakuan positif sebesar 60,2 %, siklus II pengakuan positif sebesar 66,7 %, dan siklus III pengakuan positif sebesar 81 %. Sedangkan pada pengakuan neg atif siklus I seb esar 65,6%, siklus II sebesar 70%, dan siklus III sebesar 86 %. Berdasarkan hasil yang diperoleh dalam penelitian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan mo del pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan motivasi dan h asil belajar kelas IV SDN Tilil 2 Bandung materi peta lingkungan sete mpat. Kata Kunci : Model Problem Based Learning , Motivasi, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 26 Sep 2016 14:59
Last Modified: 26 Sep 2016 14:59
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12802

Actions (login required)

View Item View Item