SITI NURAENI, 125060141 (2016) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN TIPE WEBBED UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
Cover.pdf Download (16kB) | Preview |
|
|
Text
abstrakk.pdf Download (198kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (259kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (376kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (99kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk dengan menumbuhkan sikap motivasi maka hasil belajar siswa meningkat melalui model pembelajaran problem based learning dengan tipe webbed dalam pembelajaran Tema diri sendiri . Penelitian tindakan kelas dilaks anakan di kelas II Sekolah Dasar Negeri 1 C ihampelas Kabupaten Bandung Barat . Penelitian ini dilatar belakangi dengan keadaan s iswa di kelas II Sekolah Dasar Negeri 1 Cihampelas Kabupaten Bandung Barat yang sikap mo tivasi tidak tumbuh di dalam pembelajaran dikarenakan guru sering menggunakan ceramah konvensional dan masih sulit dalam melaksanakan pembelajaran secara tematik , sedangkan dengan model - model pembelajaran yang lain khususnya model problem based learning de ngan tipe webbed belum pernah dilaksanakan. Penelitian ini menggunakan metode diskusi kelompok. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis dan refleksi. Penelitian ini di laksanakan dalam 2 siklus. Dalam tiap siklusnya dilaksanakan kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran problem based learning dengan tipe webbed . Teknik evaluasi yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes dan non tes. Teknik tes untuk mengetahui hasil belajar siswa, dan teknik non tes untuk mengetahui aktivitas problem based learning deng an tipe webbed dan sikap motivasi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran problem based learning dengan tipe we bbed dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai rata - rata peningkatan sikap kerja sama siswa dalam tes evaluasi dari siklus I sampai siklus I I , yaitu pada siklus I persentase tuntas perolehan nilai rata – rata denga n kategori cukup, siklus II dengan nilai perolehan tuntas rata – rata yaitu 85,2% sangat baik . Kesimpulan yang diper olah dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan model pembelajaran problem based learning dengan tipe webbed sangat menunjang terhadap pening katan motivasi siswa pada tema diri sendiri di kelas II Sekolah Dasar. Dengan demikian, penggunaan model problem based learning dengan tipe webbed dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran tematik di kelas rendah . Kata kunci : problem based learning , webbed, motivasi siswa, hasil belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 26 Sep 2016 12:35 |
Last Modified: | 26 Sep 2016 12:35 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12753 |
Actions (login required)
View Item |