PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI PENGGUNAAN LKS BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA KONSEP PROTISTA KELAS X DI SMA PASUNDAN 7 BANDUN

CINDY FEBRIANI, 125040115 (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI PENGGUNAAN LKS BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA KONSEP PROTISTA KELAS X DI SMA PASUNDAN 7 BANDUN. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1 COVER.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II .pdf

Download (583kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (102kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil observasi dan wawancara di salah satu di salah satu SM A Swasta di Kota Bandung yang menunjukan hasi l belajar siswa pada mata pelajaran ipa - biologi tergolong rendah dengan salah satu faktor metode pembelajaran yang digunakan pada saat KBM membuat siswa jenuh dan cenderung pasif. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan adakah peningkatan hasil belajar menggunakan metode pembelajaran Discovery Learning pad a materi pokok protista . Metode yang digunakan adalah metode eksperimen ( Pre - Eksperimental Design ). Desain penelitiannya adalah One - Group Pretest - Posttest Design . Subjek dari penelit ian ini adalah siswa kelas X MIPA d i salah satu SMA PASUNDAN 7 Bandung pada s emester ganjil tahun ajaran 201 6 - 201 7 , yaitu kelas X MIPA yang ditentukan dengan teknik purpossive sampling. Parameter yang diukur pada penelitian ini ialah hasil bel ajar siswa yaitu ranah kognitif . Instrumennya berupa 20 soal pilihan ganda untuk mengukur ranah kognitif dan instrumen non - tes yang mengukur ranah afektif dan psikomotor. Hasil penelitian didapatkan nilai rata - rata pretest sebesar 34 dan rata - rata pottest sebesar 87 . Setelah dilakukan pen elitian pretest dan posttest p eneliti melanjutkan dengan uji t dan diperoleh d engan hasil uji t signifikan, karena z hitung > z tabel sebesar 17,07 > 1, 99 . Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa hipotesis Ho ditolak, sehingga terdapat perbedaan yang signi fikan antara siswa sebelum melakukan pembelajaran dengan metode pembelajaran Discovery Learning dengan nilai siswa yang sudah diberikan perlakuan pembelajaran menggunaka n metode pembelajaran Discovery Learning Sedangkan, pada ranah afektif dan psikomotor d iperoleh data rata - rata siswa memenuhi kriteria baik. Maka dapat dikatakan penggunaan metode p embelajaran Discovery Learning dalam pembelajaran IPA pad a materi pokok protista dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata K unci : Hasil Belajar, LKS, Discover y Learning , P rotista .

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2016
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 24 Sep 2016 20:47
Last Modified: 24 Sep 2016 20:47
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12748

Actions (login required)

View Item View Item