Wiwin Widianty, 125060260 (2016) PENGGUNAAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA SELALU BERHEMAT ENERGI SUB TEMA MACAM-MACAM SUMBER ENERGI (Penelitian Tindakan Kelas Tema 2 Selalu Berhemat Energi Sub Tema 1 Macam-macam Sumber Energi Kelas IV SD Negeri Leuwipanjang Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (27kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (241kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II .pdf Download (479kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (298kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan k reativitas dan hasil belajar siswa dengan menggun akan model pro ject based learning pada pembelajaran tematik sub tema macam - macam sumber energi . Penelitian ini dilaksa nakan di ke las I V SDN Leuwipanjang dan dilatar belakangi oleh hasil temuan dalam kegiatan observasi dimana cara guru mengaj ar masih menggunakan metode konvensional, guru mendominasi kegiatan yang menyebabkan siswa pasif dan kurang memahami materi yang telah disampaikan. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terd iri dari perencanaan, pelaksa na an, observasi, analisis dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus , untuk siklus 1 pembelajaran 1,2,3 dan siklus 2 pe m belajaran 4,5,6 dengan menerapkan model pembelajaran pro ject based learning yang terdiri dari 6 tahap , yaitu penentuan pertanyaan mendasar, mendesain perencanaan proyek, menyusun jadwal, memonitor kemajuan proyek, menguji hasil, dan mengevaluasi pengalaman . Penilaian yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes untuk mengetahui hasil belajar siswa , penilaian kreativitas dan lembar observasi untuk mengetahui kegiatan guru dan siswa selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya pe ningkatan nilai rata - rata dari penilaian kreativitas dan hasil tes belajar. Pada penilaian kreativitas nilai rata - rata siklus I yaitu 65,8 sedangkan siklus II mencapai nilai rata - rata 82,3 . Hasil belajar siklus I nilai rata - rata yaitu 6 7 , dan hasil belajar siklus II rata - rata nilai mencapai 81. Hal ini menunjukkan bah wa penggunaan model pro ject based learning dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik sub tema macam - macam sumber energi pada kelas I V SDN Leuwipanjang . Dengan demikia n, penggunaan model pro ject based learning dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untu k diterapkan pada pembelajaran tematik dengan pokok bahasan yang lainnya. Kata kunci : pro ject based learning , k reativitas , hasil belajar .
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 24 Sep 2016 20:32 |
Last Modified: | 24 Sep 2016 20:32 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12745 |
Actions (login required)
View Item |