PENINGKATAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN LKS BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA KONSEP JAMUR DI KELAS X

LISTYA ANGRAINI, 12 50401 20 (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN LKS BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA KONSEP JAMUR DI KELAS X. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK indonesia.pdf

Download (373kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK inggris.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (467kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (155kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil observasi dan wawancara di salah satu di sala h satu SMA Swasta di Kota Bandung yang menunjukan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA - biologi tergolong rendah dengan salah satu faktor metode pembelajaran yang digunakan pada saat KBM membuat siswa jenuh dan cenderung pasif. Penelitian ini bertuju an untuk membuktikan adakah peningkatan hasil belajar menggunakan metode pembelajaran Problem Based Learning pada materi pokok Jamur. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen ( Pre - Eksperimental Design ). Desain penelitiannya adalah One - Group Pretest - P osttest Design . Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas X IS di salah satu SMA Swasta di Kota Bandung pada semester ganjil tahun ajaran 2015 - 2016, yaitu kelas X IS 2 yang ditentukan dengan teknik purpossive sampling. Parameter yang diukur pada peneli tian ini ialah hasil belajar siswa yaitu ranah kognitif, afektif dan psikomotor. Instrumennya berupa 50 soal pilihan ganda untuk mengukur ranah kognitif dan instrumen non - tes yang mengukur ranah afektif dan psikomotor. Hasil penelitian didapatkan nilai rat a - rata pretest sebesar 34 dan rata - rata posttest sebesar 89. Setelah dilakukan penelitian pretest dan posttest peneliti melanjutkan dengan uji t dan diperoleh dengan hasil uji t signifikan, karena t hitung > t tabel sebesar 15,76 > 2,01. Hasil pengolahan d ata menunjukkan bahwa hipotesis Ho ditolak, sehingga terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa sebelum melakukan pembelajaran dengan metode pembelajaran Problem Based Learning dengan nilai siswa yang sudah diberikan perlakuan pembelajaran menggunakan metode pembelajaran Problem Based Learning . Sedangkan, pada ranah afektif dan psikomotor diperoleh data rata - rata siswa memenuhi kriteria baik. Maka dapat dikatakan penggunaan LKS berbasis metode pembelajaran Problem Based Learning dalam pembelajaran IPA pada materi pokok Jamur dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Hasil Belajar, LKS , Problem Based Learning , Jamur.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2016
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 24 Sep 2016 20:14
Last Modified: 24 Sep 2016 20:14
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12743

Actions (login required)

View Item View Item