PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA SUBTEMA MATAHARI UNTUK PENINGKATAN RASA PERCAYA DIRI DAN PRESTASI BELAJAR (Penelitian Tindakan Kelas Terhadap Siswa Kelas Dua SDN Sindangraja 4 Kabupaten Cianjur)

TRIYANI SUPRIAH, 125060149 (2016) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA SUBTEMA MATAHARI UNTUK PENINGKATAN RASA PERCAYA DIRI DAN PRESTASI BELAJAR (Penelitian Tindakan Kelas Terhadap Siswa Kelas Dua SDN Sindangraja 4 Kabupaten Cianjur). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1 COVER SKRIPSI.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 ABSTRAK ENGLISH.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II KAJIAN TEORI.pdf

Download (694kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (95kB) | Preview

Abstract

Penel itian ini bertujuan untuk meningkatkan rasa percaya diri dan prestasi belajar siswa kelas II dengan menggunakan model Discovery Learning pada materi subtema matahari, yang dilatar belakangi oleh masih rendahnya rasa percaya diri siswa yang berdampak pula p ada rendahnya prestasi belajar siswa terhadap materi pembelajaran tersebut. Desain penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari II siklus. Setiap si k lusnya meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. H asil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan rasa percaya diri dan prestasi belajar siswa yang terlihat dari hasil belajar di setiap tes. Hasil data tes awal menunjukkan rata - rata nilai siswa yaitu 2,33. Sedangkan hasil posttest siklus I yaitu 2,43, data ini menunjukkan adanya peningkatan dari tes awal menuj u post test siklus I. pada siklus II menunjukkan peningkatan yang signifikan rata - rata nila i post test siswa yaitu 3,21. Sedangkan untuk penilaian rasa percaya diri dalam aktivitas belajar s iklus I rata - rata nilai siswa yaitu 2,58 dan pada siklus II rata - rata nilai siswa menjadi 3,14. Sedangkan data observasi berdasarkan angket yaitu pada siklus I rata - rata nilai keseluruhan angket siswa yaitu 2,97 dan dapat dikategorikan baik tetapi belum me ncapai target yaitu sebesar 85% seh ingga di angggap belum berhasil, sementara pada siklus II meningkat menjadi 3,24 dan dikategorikan sangat baik dan sudah mencapai target yaitu sebesar 85%. . Dampak dari penggunaan model Discovery Learning ini dapat diliha t dari aktivitas belajar siswa pada saat proses pembelajaran terlihat lebih semangat dan berperan aktif dalam diskusi dan penggunaan media pembelajaran. Respon siswa terhadap pembelajaran sangat efektif. Dengan demikian kesimpulan dalam penelitian ini adal ah adanya peningkatan rasa percaya diri dan prestasi belajar dengan menggunakan model Discovery Learning . Hal ini dapat dilihat dari dari hasil tes awal sampai pelaksanaan posttest siklus I dan posttest siklus II menunjukkan peningkatan yang baik. Kata K unci: Rasa Percaya Diri, Prestasi Belajar, Model Discovery Learning.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 24 Sep 2016 19:49
Last Modified: 24 Sep 2016 19:49
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12740

Actions (login required)

View Item View Item