PENERAPAN PENDEKATAN OPEN-ENDED PROBLEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SERTA DAMPAKNYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA

Dadang Yahya, NPM. 148060006 (2016) PENERAPAN PENDEKATAN OPEN-ENDED PROBLEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SERTA DAMPAKNYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA. Thesis(S2) thesis, UNPAS.

[img] Text
Artikel_Dadang Yahya_ok.docx

Download (90kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan kemampuan koneksi dan pemecahan masalah matematis serta dampaknya terhadap motivasi belajar siswa melalui pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Open-Ended Problem. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Mixed Method The Embedded Design dengan desain kelompok kontrol non-ekivalen. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, sehingga diperoleh 28 siswa kelas eksperimen dan 28 siswa kelas kontrol pada kelas VIII semester genap di SMPN 1 Kiarapedes Kabupaten Purwakarta. Kelas eksperimen diberikan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Open-Ended Problem, sedangkan kelas kontrol diberikan pembelajaran secara konvensional. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes koneksi dan pemecahan masalah matematis serta angket skala motivasi belajar. Analisis statistik yang dilakukan adalah Independent Sample T-Test, uji Mann Whitney U, uji ANOVA dua jalur dan uji korelasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan: (1) Peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Open-Ended Problem lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran dengan cara konvensional ditinjau dari keseluruhan dan dari kategori Kemampuan Awal Matematis (KAM) siswa (unggul dan asor). (2) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa yang memperoleh pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Open-Ended Problem lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran dengan cara konvensional ditinjau dari keseluruhan dan dari kategori Kemampuan Awal Matematis (KAM) siswa (unggul dan asor). (3) Terdapat hubungan yang positif antara kemampuan koneksi matematis, pemecahan masalah matematis dan motivasi belajar siswa. (4) Motivasi belajar siswa yang memperoleh pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Open-Ended Problem pada pembelajaran matematika adalah positif. Kata kunci: pendekatan open-ended problem, koneksi matematis, pemecahan masalah matematis, motivasi belajar.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2016
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 24 Sep 2016 19:21
Last Modified: 24 Sep 2016 19:21
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12733

Actions (login required)

View Item View Item