PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP, KEMAMPUAN KOMPETENSI STRATEGIS SERTA DAMPAKNYA TERHADAP DISPOSISI PRODUKTIF SISWA SMA MELALUI PEMBELAJARAN KONFLIK KOGNITIF

Annisa Salamah, NPM. 148060016 (2016) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP, KEMAMPUAN KOMPETENSI STRATEGIS SERTA DAMPAKNYA TERHADAP DISPOSISI PRODUKTIF SISWA SMA MELALUI PEMBELAJARAN KONFLIK KOGNITIF. Thesis(S2) thesis, UNPAS.

[img] Text
Artikel annisa.docx

Download (105kB)

Abstract

Penelitan ini bermaksud untuk menganalisis meningkatnya kemampuan pemahaman konsep, kompetensi strategis serta dampaknya terhadap disposisi produktif siswa SMA dengan pembelajaran konflik kognitif. Penelitian ini adalah penelitian mix methods tipe embedded design di SMA Yadika Subang, yang melibatkan 22 siswa kelas dengan pembelajaran konflik kognitif sebagai kelas experiment dan 20 siswa kelas konvensional sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemahaman konsep dan kompetensi strategis serta skala disposisi produktif siswa. Analisis statistik yang dilakukan adalah Independent Sample t-test, Uji Mann Whitney, Uji ANOVA dua jalur dan Uji korelasi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: (1) peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa yang memperoleh pembelajaran konflik kognitif lebih baik dari pada siswa dengan pembelajaran konvensional dilihat berdasarkan keseluruhan dan dilihat dari kemampuan awal (tinggi, sedang dan rendah); (2) peningkatan kemampuan kompetensi strategiss siswa yang memperoleh pembelajaran konflik kognitif dengan lebih baik dari pada siswa dengan pembelajaran konvensional dilihat berdasarkan keseluruhan dan kemampuan awal (tinggi,sedang, rendah ); (3) disposisi produktif siswa yang memperoleh pembelajaran konflik kognitif tidak lebih baik dari pada siswa dengan pembelajaran konvensional; (4) terdapat korelasi positif antara kemampuan pemahaman konsep dan disposisi produktif, tidak terdapat korelasi positif antara kemampuan pemahaman konsep dengan kompetensi strategis dan kemampuan kompetensi strategis dengan disposisi produktif. Kata Kunci: Konflik Kognitif, Kemampuan pemahaman konsep dan kompetensi strategis, dan disposisi produktif siswa SMA.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2016
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 24 Sep 2016 19:06
Last Modified: 24 Sep 2016 19:34
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12730

Actions (login required)

View Item View Item