PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI RANGKA (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV Semester I di SDN Lembang Sari Kecamatan Kertasari Kabupaten Bandung Tahun Ajaran 2016/2017)

SRI VENTIANI, 1250602 9 0 (2016) PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI RANGKA (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV Semester I di SDN Lembang Sari Kecamatan Kertasari Kabupaten Bandung Tahun Ajaran 2016/2017). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur dan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar yang dimiliki siswa pada pembelajaran IPA khususnya materi rangka, baik sebelum maupun sesudah penggunaan model pembelajaran Cooperative Learnig tipe Numbered Head T ogether (NHT) . Penelitian di latar belakangi oleh rendahnya nilai rata - r ata pembelajaran IPA yang dikarenakan kurangnya kesiapan guru dan rendahnya aktivitas siswa serta penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka diimplementasikan suatu penelitian tindakan kelas (PTK) melalui peng gunaan model NHT . Penelitian tindakan kelas yang terdiri dari II siklus, dilaksanakan di kelas IV SDN Lembang Sari dengan jumlah siswa 40 orang. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi angket respon siswa, aktivitas siswa, dokumen guru, aktivitas gur u dan tes. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar yang dimiliki siswa bisa dilihat dari hasil belajar, angket respon siswa, aktivitas siswa, aktivitas guru dan dokumen guru. Pada siklus I hasil postest sis wa yang mencapai KKM yaitu 67,5 %. Sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan yaitu diperoleh sisw a yang mencapai KKM sebesar 90 %. Itu artinya penggunaan model NHT ini sangat efe ktif digunakan pada pembelajaran IPA materi rangka. Serta hasil aktivitas siswa, dan respon siwa menunjukkan kategori yang baik. Berdasarkan hasil di atas dapat disimpulkan bahwa penggunaan pembelajaran kelompok dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, diharapkan guru dapat mencoba dan menerapkan model pembelajaran pada materi yang lain dalam upaya u ntuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa lebih lanjut. Kata k unci: Cooperative Learnig tipe Numbered Head Together (NHT), Aktivitas , Hasil Belajar .

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2016
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 24 Sep 2016 18:40
Last Modified: 24 Sep 2016 18:40
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12715

Actions (login required)

View Item View Item