WINDI PRADITA, 1250300 90 (2016) PEMBELAJARAN MENGANALISIS PEMENTASAN DRAMA DENGAN MENGGUNAKAM METODE PAIR CHECK PADA SISWA KELAS XI SMA PASUNDAN 2 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover.pdf Download (38kB) | Preview |
|
|
Text
5. Abstrak.pdf Download (154kB) | Preview |
|
|
Text
5.1. ABSTRACT.pdf Download (215kB) | Preview |
|
|
Text
7. Bab I.pdf Download (187kB) | Preview |
|
|
Text
8 .Bab II.pdf Download (303kB) | Preview |
|
|
Text
12 Daftar Pustaka.pdf Download (138kB) | Preview |
Abstract
Me nganalisis merupakan suatu keterampilan berbahasa yang dipergunakan untuk memberikan pendapat masing - masing. Metode pair check merupakan metode , yang menekankan siswa untuk bekerja sama bersama teman dan saling koreksi dalam pekerjaan secara disiplin dan tanggung ja wab . Oleh karena itu, penulis tertarik untuk melakukan penelitian mengenai p embelajaran menganalisis pementasan drama dengan menggunakan metode pair check pada siswa kelas XI SMA Pasundan 2 Ba ndung tahun pelajaran 2016/ 2017. Permasalahan y ang penulis rum uskan adalah: 1) Mampukah penulis merencanakan, melaksa na kan, dan menilai pembelajaran menganalisis pementasan drama dengan menggunakan metode pair check pada siswa kelas XI SMA Pasundan 2 Bandung ? ; 2) Mampukah siswa kelas XI SMA Pasundan 2 Bandung menganalisis pementasan drama berdasarkan gerak para tokoh , tata busana, tata panggung, tata bunyi, dan tata lampu ? ; 3) Efektifkah metode pair check digunakan dalam pembelajaran menganalisis pementasan drama pada siswa kela s XI SMA Pasundan 2 Bandung ? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampu an penulis, dan peserta didik, serta keefektifan metode pair check . Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode pre - eksperimen jenis one group pretest posttest design dengan teknik penelitia n observasi , uji coba, dan tes . Adapun hasil penelitiannya adalah: 1) Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran menganalisis pementasan drama dengan menggunakan metode pair check pada siswa kelas XI SMA Pasundan 2 Bandung . Hal ini dibuktikan dengan nilai rata - rata perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran ya ng diperoleh penulis sebesar 3, 7 6 . Adapun rinciannya terdiri da ri nilai perencanaan sebesar 3 ,77, dan nilai pelaksanaan sebesar 3,76. Sesuai dengan kategori penilaian yang telah ditetapkan, maka perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran penulis dapat dinyatakan sangat baik (A ); 2 ) Siswa kelas XI IPA 2 SMA Pasundan 2 Bandung mampu menganalisis pementasan drama Hal ini dibuktikan dari nilai rata - r ata pr a tes sebesar 6,4 5 dengan kategori kurang, dan nilai rata - rata pasca tes 87 dengan kategori sangat baik. Selisi h nilai rata - rata pretes dan pasca tes yaitu 21,25 dengan peningkatan sebesar 16,25 % . Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan siswa kelas XI IPA 2 SMA Pasundan 2 Bandung dalam menganalisis pementasan drama mengalami peningkatan ; 3) Metode pair check efektif digunakan dalam pembelajaran menganalisis pementasan drama . Metode pair check efekti f digunakan dalam pembelajaran menganalisis pementasan drama . Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan statistik t hitung ≥ t tabel yaitu 60,72 ≥ 2,09 dalam tingkat kepercayaan 95 % dengan taraf signifi kan 5 % dan derajat kebebasan 19. Berdasarkan p ernyataan tersebut, dapat disimpulkan bahwa metode pair check efektif digunakan dalam pembelajaran meng a nalisis pementasan drama pada siswa kelas XI SMA Pasundan 2 Bandung . Kata Kunci: Pembelajaran, m e nganalis i s , pementasan drama , metode pair check
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2016 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 24 Sep 2016 15:17 |
Last Modified: | 24 Sep 2016 15:17 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12679 |
Actions (login required)
View Item |