ENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Sub Materi Pokok APBN dan APBD Kelas XI IPS 1 SMA Sumatra 40 Bandung )

WELINI ANGGRAENI, 125020101 (2016) ENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Sub Materi Pokok APBN dan APBD Kelas XI IPS 1 SMA Sumatra 40 Bandung ). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK Welini.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 Welini.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 Welini.pdf

Download (416kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAK Welini.pdf

Download (11kB) | Preview

Abstract

Judul penelitian ini adalah Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS 1 di SMA Sumatra 40 Bandung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan model pembelajaran tipe group investigation terhadap hasil belajar siswa kelas X I IPS 1 di SMA Sumatra 40 Bandung . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan pendekatan asosiatif kaus al . Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu ob servasi , angket, dokumentasi dan studi pustaka dengan teknik pengolahan data uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas data, korelasi, analisis regresi linier s ederhana, dan koefisien determinasi den gan menggunakan program SPSS 21.0 for windows . Dalam penelitian ini sampel yang digunakan Sample Jenuh (Sensus), yaitu siswa kelas X I IPS 1 SM A Sumatra 4 0 Bandung semester II tahun ajaran 201 5 /201 6 yang berjumlah 31 siswa . Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran tipe group investigation terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dilihat dari hasil pengolahan data menggunakan program SPSS 21,0 for windows . Hasil olah data terdapat korelasi antara variabel X dan variabel Y sebesar se besar 0,769 itu berarti korelasi tersebut sangat kuat, regresi linear sederhana sebesar Y = 3,404 + 0 ,293 X , dan koefisien determinasi atau R 2 sebesar 43 ,3 %. Hasil perhitungan rata - rata butir angket yang terdiri dari tiga aspek variabel X yaitu sebesar 8 1,60 % yang menunjukan siswa setuju bahwa model pemembelajaran kooperatif tipe group investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil rata - rata tiap butir angket pada variabel Y sebesar 79,8% yang menunjukan bahwa siswa setuju faktor lain yang mempengaruhi hasil belajar siswa yaitu faktor yang berada di dalam (fisik dan psikis) dan dari luar dirinya (lingkungan, masyarakat). Sebagai akhir penelitian penulis menyampaikan saran kepada para gur u ekonomi agar menciptakan suasana belajar yang dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk terlibat langsung dan berperan aktif dalam proses belajar mengajar. Model pembelajaran kooperatif tipe group investigation adalah alternatif m ode l yang dapat digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran karena memiliki manfaat bagi peserta didik untuk lebih membangun siswa untuk dapat berfikir kritis dan berbasis pemahaman bukan penghafalan . Kata kunci : Model Pembelajaraan Kooperatif tipe Group Investigation , Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2016
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 24 Sep 2016 14:00
Last Modified: 24 Sep 2016 14:00
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12653

Actions (login required)

View Item View Item