PENERPAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB KONSEP VIRUS

DHEA SILVIANI, 125040141 (2016) PENERPAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB KONSEP VIRUS. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
7.1. abstract.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1. COVER SKRIPSI.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB I.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB II.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (91kB) | Preview

Abstract

Dhea Silviani . 2016. Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Dibim bing oleh Dr. Cartono, M.Pd . , M.T. sebagai Pembimbing I dan Cita Tresnawati, S.Pd., M. Pd. sebagai Pembimbing II. Penelitian ini dilakukan berdasarkan latar belakang rendahnya pemahaman siswa kelas X IPA 1 SMA Negeri Jatinangor terhadap konsep virus yang disebabkan antara lain oleh penerapan model pembelajaran yan g kurang tepat sehingga siswa sulit memahami pesan materi yang disampaikan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan setelah menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray pada konsep virus di SMA Negeri Jatinangor . Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri Jatinangor dan sampelnya yaitu kelas X I P A 1 dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang di kelas X I P A 1 . Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen se mu (Quasi eksperimen) dengan desain One Group Pretest - Posttest . Instrument penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan yang mengukur ranah kognitif berupa 20 soal pilihan ganda yang disesuaikan dengan pencapaian indikator pembelajaran yang sudah di uji cobakan sebelumnya. Setelah dilakukan pretest dan posttest peneliti melanjutkan dengan uji t dan diperoleh dengan hasil perbedaan yang signifikan. B erdasarkan nilai rata - rata pada pretest yaitu 37,33 sedangkan posttest yaitu 82 pada konsep virus di SMA N egeri Jatinangor . Dapat ditarik kesimpulan bahwa model pemb elajaran Two Stay Two Stray dapat meningkatkan hasil belajar siswa . Be rdasarkan Indeks Gain yaitu 0,71 dapat ditarik kesimpulan kembali bahwa peningkatan hasil belajar menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray termasuk ke dalam kategori tinggi . Kata Kunci : Two Stay Two St , Hasil B elajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2016
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 23 Sep 2016 18:51
Last Modified: 23 Sep 2016 18:51
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12574

Actions (login required)

View Item View Item