KONSEP GARAP PERTUNJUKAN WAYANG TAVIP LAKON JAKIE DAN JENI 1001 MALAM DI HOTEL JAYAKARTA DAGO BANDUNG. YESA ANDIKA 11.6040021

YESA ANDIKA (2016) KONSEP GARAP PERTUNJUKAN WAYANG TAVIP LAKON JAKIE DAN JENI 1001 MALAM DI HOTEL JAYAKARTA DAGO BANDUNG. YESA ANDIKA 11.6040021. Skripsi(S1) thesis, Seni Musik.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak dan daftar pustaka.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (177kB) | Preview
Official URL: http://repository.unpas.ac.id/cgi/users/home?scree...

Abstract

Wayang atau (istilah asing: puppet) adalah salah satu seni pertunjukan tradisional milik bangsa Indonesia. Kesenian ini hampir ditinggalkan oleh generasi muda saat ini sehubungan dengan derasnya arus budaya asing yang masuk ke Negara kita. M. Tavip adalah salah satu tokoh dan kretaor yang peka terhadap masah ini sehingga beliau melakukan inovasi terhadap bentuk dan konsep garap pertunjukan wayang. Salah satu pertunjukan yang telah dipergelarkan oleh M.Tavip adalah lakon Jekie dan Jeni 1001 Malam. Penelitian ini pada intinya adalah untuk menginvestigasi dari apa yang telah dilakukan oleh M.Tavip yang selanjutnya dideskripsikan oleh peneliti melalui cara-cara yang sistematis. Sedangkan tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses pembuatan Wayang Tavip, serta bagaimana konsep garap dari pertunjukan wayang tersebut. Untuk mengetahui lebih dalam dari pertunjukan tersebut maka peneliti telah melakukan observasi terhadap pertunjukan Wayang Tavip dengan lakon Jekie dan Jeni 1001 Malam karya Mohammad Tavip. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara. Dari data yang dihasilkan kemudian dilakukan pemaparan dan pembahasan. Berdasarkan pada hasil observasi terhadap konsep garap pertunjukan lakon Jekie dan Jeni 1001 Malam maka peneliti memperoleh gambaran tentang pembuatan naskas cerita, pembuatan wayang, pembuatan musik, dan tata cahaya. Kata kunci : Wayang, Wayang Tavip, Konsep garap, Kisah 1001 malam, M.Tavip, Kesenian tradisional.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Seni dan Sastra > Seni Musik 2016
Depositing User: oman rohman
Date Deposited: 23 Sep 2016 18:40
Last Modified: 23 Sep 2016 18:40
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12572

Actions (login required)

View Item View Item