OPTIMALISASI PENERAPAN PENILAIAN AUTENTIK DALAM MENGUKUR SIKAP DAN KETERAMPILAN SISWA PADA SUB KONSEP SISTEM IMUN

DINDIN BAHTIAR, 1 25040039 (2016) OPTIMALISASI PENERAPAN PENILAIAN AUTENTIK DALAM MENGUKUR SIKAP DAN KETERAMPILAN SISWA PADA SUB KONSEP SISTEM IMUN. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (653kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (199kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan latar belakang belum optimalnya penerapan penilaian autentik terhadap suatu konsep yang disebabkan antara lain kurangnya pemahaman guru mengenai penilaian autentik, guru lebih mengutamakan penilaian kognitif saja, kemud ian sikap siswa saat pembelajaran masih kurang, dan keterampilan siswa tidak dikembangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mengoptimalkan penerapan penilaian autentik dalam mengukur sikap dan keterampilan siswa pada konsep sistem imun. Partisipan dari penelitian ini adalah siswa kelas XI - IA di SMA Negeri 12 Bandung, yaitu kelas XI - IA 2 dengan jumlah siswa sebanyak 40 orang, pakar kurikulum, dan pakar penelitian autentik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendek atan Deskriptif dengan metode yang digunakan Pre - Experimental Design (nondesigns) , yaitu penelitian yang mendekati percobaan sungguhan dimana tidak mungkin mengadakan kelas kontrol. Data penelitian ini penilaian sikap diskusi kelompok, penilaian keterampil an, angket siswa, dan wawancara tentang kurikulum 2013 dan penilaian autentik. Instrumen penelitian yang digunakan adalah rubrik penilaian sikap diskusi kelompok, rubrik penilaian keterampilan unjuk kerja, angket siswa, dan wawancara kurikulum 2013 dan pen ilaian autentik. Setelah dilakukan penelitian dengan menghitung skor yang dicapai dari seluruh aspek yang dinilai kemudian menghitungnya dengan rumus. Dari hasil penelitian didapatkan nilai rata - rata sikap peserta didik 83,75 termasuk kedalam kategori sang at baik dan nilai rata - rata keterampilan unjuk kerja 87,18 termasuk kedalam kategori sangat baik. Maka dapat dikatakan mengoptimalkan penerapan penilaian autentik dalam mengukur sikap dan keterampilan siswa dalam pembelajaran biologi pada konsep sistem imu n dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Optimalisasi, Penilaian Autentik, Penilaian Sikap, Penilaian Keterampilan, Sistem Imun.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2016
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 23 Sep 2016 18:48
Last Modified: 23 Sep 2016 18:48
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12568

Actions (login required)

View Item View Item