PENERAPAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KOMUNIKASI SERTA MOTIVASI BELAJAR MATEMATIK PSESRTA DIDIK SMP

RISTY TRISNAWATY, NPM. 148060028 (2016) PENERAPAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KOMUNIKASI SERTA MOTIVASI BELAJAR MATEMATIK PSESRTA DIDIK SMP. Thesis(S2) thesis, UNPAS.

[img] Text
Artikel Risty Trisnawaty.docx

Download (80kB)
[img] Text
Artikel Risty Trisnawaty.docx

Download (80kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan kemampuan berpikir kritis dan komunikasi serta motivasi matematik peserta didik melalui pembelajaran dengan pendekatan konstruktivisme. Desain pada penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan menggunakan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes dan non-tes. Instrumen tes terdiri dari tes berpikir kritis dan komunikasi matematik. Instrumen non-tes berupa angket motivasi matematik peserta didik, lembar observasi, dan wawancara. Data tes kemampuan berpikir kritis dan komunikasi matematik peserta didik diperoleh dari pretes, postes, dan N_gain. Analisis secara kuantitatif dilakukan terhadap data tes kemampuan berpikir kritis dan kemampuan komunikasi matematik dengan menggunakan taraf signifikan  = 0,05. Berdasarkan deskripsi data, analisa data, dan pengujian hipotesis, dapat ditarik kesimpulan: 1). Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematik peserta didik yang mendapatkan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme, lebih baik daripada peserta didik yang menggunakan pembelajaran konvensional. 2). Peningkatan kemampuan komunikasi matematik peserta didik yang mendapatkan pembelajaran dengan pendekatan konstruktivisme lebih baik daripada peserta didik yang menggunakan pembelajarn konvensional. 3). Motivasi belajar matematik peserta didik yang mendapatkan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme lebih baik daripada peserta didik yang menggunakan pembelajaran konvensional. 4). Terdapat hubungan antara kemampuan berpikir kritis matematik, komunikasi belajar matematik dan motivasi belajar matematik peserta didik. Selain itu, respon peserta didik dari kelas yang menggunakan pembelajaran konstruktivisme terhadap setiap item motivasi belajar matematik bernilai positif. Kata Kunci : Pendekatan Konstruktivisme; Kemampuan Berpikir Kritis Matematik; Kemampuan Komunikasi Matematik; dan Motivasi Belajar Matematik Peserta Didik.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2016
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 23 Sep 2016 15:33
Last Modified: 23 Sep 2016 15:33
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12546

Actions (login required)

View Item View Item