PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Pada Kelas X-D SMA Sumatra 40 Bandung Semester Genap Tahun Ajaran 2016/2017 )

SELLY WINDI NURHAYATI, 125020110 (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Pada Kelas X-D SMA Sumatra 40 Bandung Semester Genap Tahun Ajaran 2016/2017 ). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SELLY.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bismillah BAB I fix.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bismillah BAB II fix.pdf

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (90kB) | Preview

Abstract

Judul penelitian ini adalah Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X-D di SMA Sumatra 40 Bandung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajran kooperatif tipe Number Head Together minat belajar siswa kelas X-D di SMA Sumatra 40 Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode asosiatif kausal. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, angket, dokumentasi dan studi pustaka dengan teknik pengolahan data uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas data, korelasi, analisis regresi linier sederhana, dan koefisien determinasi dengan menggunakan program SPSS 21.0 for windows.Dalam penelitian ini sampel yang digunakan Sample Jenuh (Sensus), yaitu siswa kelas X-D di SMA Sumatra 40 Bandung semester I tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 41 siswa.Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata variable X adalah 78,4% yang berarti siswa memprepsikan penerapan model pembelajaran telah berlangsung baik. Rata-rata Y menunjukan 77% yang berarti minat siswa kelas X-D pada mata pelajaran ekonomi dengan sub pokok mengidentifikasi kebutuhan manusia berlangsung baik. Hasil uji hipotesisi menunjukan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together pada siswa dikelas X-D SMA Sumatra 40 Bandung sebesar 72,9% yang berarti penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together memberikan pengaruh terhadap minat belajar siswa. Sebagai akhir penelitian penulis menyampaikan saran kepada para guru ekonomi agar menciptakan suasana belajar yang dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk berperan aktif dalam proses belajar mengajar. Model pembelajara kooperatif tipe Number Head Together dapat digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran karena memiliki manfaat bagi peserta didik untuk lebih membangun siswa untuk dapat berfikir kritis dalam berkelompok dan berbasis pemahaman bukan penghafalan. Kata kunci: Model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together, Minat Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 23 Sep 2016 14:39
Last Modified: 23 Sep 2016 14:39
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12536

Actions (login required)

View Item View Item