PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT DAN TALKING STICK PADA MATERI RUANG LINGKUP BIOLOGI

Dwi Hastuti Rahayu, 125040022 (2016) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT DAN TALKING STICK PADA MATERI RUANG LINGKUP BIOLOGI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER DWI.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK FIX BGT.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BHS ING FIX BGT.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I (Dwi).pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II (Dwi).pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI FIX BGT.pdf

Download (204kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi b erdas arkan hasil observasi dan wawancara dengan guru biologi kelas X yang mengemukakan bahwa siswa kurang aktif di kelas dan h a sil belajar siswa masih rendah serta k urangnya pemanfaatan model pembelajaran . Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi mengenai perbedaan hasil bel ajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran cooperative script dan talking stick pada materi ruang lingkup biologi . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain pretest - postest Non - equivalent Control Group Design . Adapun hal yang diukur dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran cooperative script dan talking stick . Populasi dari penelitian ini adalah siswa Kelas X SMA Negeri 1 Cibatu , dengan sampel kel as X - 4 sebanyak 36 siswa sebagai kelas eksperimen satu dengan perlakuan cooperative script dan siswa kelas X - 1 sebanyak 36 siswa sebagai kelas ekperimen dua dengan perlakuan talking stick . N ilai n - gain kelas cooperative script sebesar 0,68 dengan kriteria n - gain sedang dan kelas talking stick sebesar 0,71 dengan kriteria n - gain tinggi . S elanjutnya analisis data hipotesis menggunakan uji t, diperoleh nil ai signifikansi sebesar 0,369 k arena nilai signifikansi lebih dari 0,05 maka Ho diterima . Penilaian afektif berupa penilaian sikap siswa selama mengikuti proses pembelajaran, diperoleh nilai rata - rata penilaian afektif kelas cooperative script sebesar 73,03 dengan kriteria skor baik dan skor rata - rata penilaian afektif kelas talking stick sebes ar 74,42 dengan kriteria skor baik . Sedangkan rata - rata penilaian psikomotor kelas cooperative script sebesar 73, 84 dengan kriteria skor baik dan skor rata - rata penilaian psikomotor kelas talking stick sebesar 74, 77 dengan kriteria skor baik . Berdasarkan h asil yang diperoleh dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran cooperative script dan siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran tal king stick pada materi ruang lingkup biologi. Kata kunci: Cooperative Script , Talking Stick , Hasil Belajar Siswa, Ruang Lingkup Biologi.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2016
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 23 Sep 2016 14:47
Last Modified: 23 Sep 2016 19:30
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12534

Actions (login required)

View Item View Item