PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP SISTEM GERAK

Eka Anis Fauziah, 125040030 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP SISTEM GERAK. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. cover.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRACT.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB I.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB II.pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR PUSTAKA.docx.pdf

Download (105kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan latar belakang , rendahn ya hasil belajar siswa pada konsep Sistem Gerak Manusia di SMA Kartika XIX - 1 Bandung, minimnya pen ggunaan model dan media dalam proses pembelajaran sehingga kurangnya motivasi peserta didik untuk ikut serta dalam proses pembelajaran dan berdampak terhadap hasil belajar . Kemudian peserta didik akan lebih memahami dan aktif karena belum pernah melakukan pembelajaran dengan meng gunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Menggunakan Media Audio Visual . Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada konsep Sistem Gerak Manusia menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) men ggunakan media audio visual . Data utama penelitian ini adalah pretest , posttest, aspek pengetahuan, aspek sikap , dan aspek keterampilan . Data penunjang yaitu bertempat di SMA Kartika XIX - 1 Bandung. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas XI dengan jumlah 40 orang . Metode penelitian yang digunakan adalah Pre - Experimental Design dengan desain penelitian One - Group Pretest - posttest des ign . Instrumen dalam penelitian ini adalah 20 soal pilihan ganda yang disesuaikan dengan pencapaian indikator pembelajar an yang telah diujicobakan sebelumnya, lembar observasi penilaian sikap, lembar penilaian keterampilan, beserta rubrik penilaian. Setelah dilakukan penelitian pretest dan posttest peneliti melanjutkan analisis data dengan uji t dan diperoleh dengan hasil uji t signifikan karena t hitung >t tabel yaitu 27,5933>1,68 . Hasil pengolahan data penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis diterima. Hasil penelitian nilai rata - rata pretest sebesar 27,625 dan rata - rata posttest sebesar 73,25 . Hasil indeks gain yaitu 0,65 tergolong kategori tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) menggunakan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada konsep sistem gerak manusia. Kata Kunci: Model P embelajaran Problem Based Learning (PBL) , Media Audio Visual, Hasil B elajar dan Sistem Gerak Manusia.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2016
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 23 Sep 2016 14:47
Last Modified: 23 Sep 2016 14:47
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12530

Actions (login required)

View Item View Item