OPTIMALISASI PENERAPAN PENILAIAN AUTENTIK DALAM MENGUKUR SIKAP DAN KETERAMPILAN PADA SUB KONSEP DAUR ULANG LIMBAH DI SMAN 17 BANDUNG

SYEFIA AZIZIA MALIK, 125040167 (2016) OPTIMALISASI PENERAPAN PENILAIAN AUTENTIK DALAM MENGUKUR SIKAP DAN KETERAMPILAN PADA SUB KONSEP DAUR ULANG LIMBAH DI SMAN 17 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
01. COVER SKRIPSI.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Bahasa Indonesia.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Bahasa Inggris.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. BAB I.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. BAB II.pdf

Download (479kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (94kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan latar belakang belum optimalnya penerapan penilaian autentik pada suatu sub konsep . Hal ini disebabkan karena guru kurang memahami penilaian autentik, guru lebih fokus menilai peserta didi k hanya dari ranah kognitif, sikap peserta didik yang kurang baik pada saat pro ses pembelajaran, kemudian kurang nya guru menggali keterampilan peserta didik pada saat proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana optimalisasi pen erapan penialaian autentik dalam mengukur sikap dan keterampilan siswa pada sub konsep daur ulang limbah. Partisipan dari penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 3 di SMA Negeri 17 Bandung, yaitu dengan jumlah siswa sebanyak 31 orang, pakar kurikulum dan p akar penilaian autentik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan Deskriptif dengan metode yang digunakan yaitu Pre - Eksperimental Designs (nondesigns), penelitian yang mendekati percobaan sungguhan dimana tidak mungkin mengad akan kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah rubrik penilaian sikap untuk kerja, rubrik p enialian keterampilan produk, angket siswa, dan wawancara kurikulum 2013 dan penilaian autentik. Dari hasil penelitian didapatkan nilai rata - rata sik ap peserta didik 88,23 termasuk kedalam kategori sangat baik dan nilai rata - rata keterampilan 88,62 termasuk kedalam kategori sangat baik . Maka dapat dikatakan mengoptimalkan penerapan penilaian autentik dalam mengukur sikap dan keterampilan siswa dalam p embelajaran biologi pada sub konsep da ur ulang limbah dapat m eningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci : Penilaian Autentik , Penilaian Sikap, Penilaian Keterampilan , Daur Ulang, Limbah, Daur Ulang Limbah, dan Optimalisas

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2016
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 23 Sep 2016 14:50
Last Modified: 23 Sep 2016 18:02
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12527

Actions (login required)

View Item View Item