STUDI PERBANDINGAN PEMBELAJARAN PBL DENGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA KONSEP KEANEKARAGAMAN HAYATI

DIAN RANI PAMUNGKAS, 125040006 (2016) STUDI PERBANDINGAN PEMBELAJARAN PBL DENGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA KONSEP KEANEKARAGAMAN HAYATI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 .pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II .pdf

Download (483kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (102kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan metakognitif siswa sebagai hasil belajar siswa antara yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah (PBL) dengan konvensional pada konsep keanekaragaman hayati. Penelitian ini dilakukan di MAN Cianjur kelas X Ipa 5 dengan X Ipa 6. Penelitian ini dilakukan pada bulan Agustus semester I tahun ajaran 2016-2017. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental research dengan desain Pretest Posttest Control Group Design. Dimana dalam perlakuannya pretest sebelum diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah (PBL) dengan Konvensional. Pengukuran hasil belajar dengan menggunakan tes tertulis berupa soal pilihan ganda sebanyak 15 soal dengan 5 pilihan jawaban. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara nilai rata-rata terjadi peningkatan kemampuan metakognitif siswa sebagai hasil belajar siswa. Nilai rata-rata pretest sebelum pembelajaran PBL sebesar 57,675 sedangkan nilai tertinggi 80 dan nilai terendahnya 33. Nilai rata-rata posttest setelah pembelajaran PBL sebesar 78,05 sedangkan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 50. Sedangkan nilai rata-rata pretest sebelum pembelajaran Konvensional sebesar 50,692 nilai tertinggi 74 dan nilai terendah 28. Nilai rata-rata posttest setelah pembelajaran Konvensional 68,65, nilai tertinggi 99 dan nilai terendah 39. Uji hipotesis dari data yang didapat hasil uji t berpasangan pada taraf signifikan adalah t hit 18, pvalue = 0,002 < α = 0,05, maka kelas eskperimen lebih baik dari kelas kontrol pada tes akhir (posttest). skala respon siswa memperlihatkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah dapat memberikan nilai positif pada siswa. Penggunaan model pembelajaran berbasis masalah (PBL) dapat meningkatkan kemampuan metakognitif sebagai hasil belajar siswa dengan pembelajaran konvensional konsep keanekaragaman hayati dengan kategori tinggi dibandingkan pembelajaran konvensional. Kata kunci: model pembelajaran berbasis masalah (PBL), pembelajaran konvensional (ceramah), peningkatan hasil belajar, jenjang kognitif, keanekaragaman hayati.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 23 Sep 2016 14:06
Last Modified: 23 Sep 2016 14:06
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12523

Actions (login required)

View Item View Item