PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SERTA SELF REGULATED LEARNING SISWA

Feri Kurniawan, NPM. 148060002 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SERTA SELF REGULATED LEARNING SISWA. Thesis(S2) thesis, UNPAS.

[img] Text
artikel CTL.docx

Download (74kB)

Abstract

Penelitan ini bermaksud untuk mengkaji masalah peningkatan kemampuan koneksi dan pemecahan masalah matematis serta self regulated learning (SRL) siswa melalui pembelajaran contextual teaching and learning (CTL), ditinjau dari keseluruhan siswa dan kategori Kemampuan Awal Matematika (KAM) siswa (tinggi, sedang, rendah). Metode penelitiannya adalah mix method ragam embedded. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Nur Insani Kabupaten Pandeglang, dan Sampel dipilih dua kelas secara acak, yaitu kelas X TKJ 2 sebagai kelas eksperimen, dan kelas X TKJ 1 sebagai kelas kontrol. Instrumen dalam penelitian ini berupa tes dan non tes. 6 soal tes kemampuan koneksi matematis, dan 4 soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis, sedangkan instrumen non tes berupa angket self regulated learning, lembar observasi, dan wawancara. Hasil penelitian ini adalah: 1) peningkatan kemampuan koneksi Matematis siswa yang belajar dengan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional bila ditinjau dari tegori Kemampuan Awal Matematis (KAM) siswa; 2) peningkatan kemampuan pemecahan masalah Matematis siswa yang belajar dengan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional bila ditinjau dari tegori Kemampuan Awal Matematis (KAM) siswa; 3) self regulated learning siswa yang belajar dengan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional: 4) terdapat hubungan antara kemampuan koneksi dan pemecahan masalah matematis denagan serta self regulated learning. Kata Kunci: Contextual Teaching And Learning (CTL), Kemampuan koneksi dan kemampuan Pemecahan Masalah, Self Regulated Learning (SRL)

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2016
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 23 Sep 2016 13:33
Last Modified: 23 Sep 2016 13:33
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12511

Actions (login required)

View Item View Item