PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS PRAKTIKUM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) DAN PENGUASAAN SISWA PADA KONSEP ALGA DI KELAS X

MELANI SUPRIATNA, 125040186 (2016) PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS PRAKTIKUM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) DAN PENGUASAAN SISWA PADA KONSEP ALGA DI KELAS X. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK inggris.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB I.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. BAB II.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
18. DAFTAR PUSTAKA edit.pdf

Download (209kB) | Preview

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perubahan setelah dilakukan penerapan pembelajaran berbasis praktikum untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan penguasaan siswa pada konsep alga kelas X. Penelitian ini menggunakan metode pre-experimen dengan desain one-group pretest-posttest. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Pasundan 2 Cimahi. Sample yang digunakan pada penelitian ini adalah kelas X-1 berjumlah 30 orang. Instrumen penelitian digunakan adalah tes kemampuan yang mengukur ranah kognitif berupa 30 soal pilihan ganda. Dari hasil penelitian ini didapatkan nilai rata-rata pretest sebesar 41,66 dan rata-rata posttest sebesar 81,13. Setelah di lakukan penelitian pretest-posttest peneliti melanjutkan dengan uji t dan diperoleh dengan hasil uji t signifikasi t hitung > t tabel , yakni 16,21>2,68. Yang artinya tolak H O (terima H A ) yaitu terdapat perbedaan signifikasi antara nilai pretest-posttest siswa kelas X alga di SMA Pasundan 2 cimahi. Metode pembelajaran KPS lebih baik dalam meningkatkan hasil belajar siswa dan memacu semangat belajar siswa. Hal ini di dibuktikan dengan nilai rata-rata antara pretest dan posttest yang meningkat diperoleh siswa setelah melakukan pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran KPS pada mteri Algae. Kata kunci : Keterampilan Proses Sain (KPS), Meningkatkan Hasil Belajar, Algae.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 23 Sep 2016 13:17
Last Modified: 23 Sep 2016 13:17
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12503

Actions (login required)

View Item View Item