PENGARUH METODE PEMBELAJARAN FIELD TRIP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FUNGI

AZMI NUR AZIZAH, 125040181 (2016) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN FIELD TRIP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FUNGI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDO.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (390kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Azmi Nur Azizah. 2016. Pengaruh Metode Pembelajaran Field Trip Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Fungi. Pembimbing 1 Prof. Dr. H. Toto Sutarto Gani Utari, M.Pd. dan Pembimbing 2 Drs. Yusuf Ibrahim M.Pd., M.P. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan, adakah peningkatan hasil belajar siswa menggunakan metode pembelajaran Field Trip pada materi fungi. Penelitian ini dilakukan berdasarkan latar belakang rendahnya hasil belajar siswa kelas X MIA 3 SMA Negeri 5 Garut, terhadap materi fungi yang disebabkan oleh penerapan metode pembelajaran yang kurang tepat, sehingga siswa sulit memahami materi yang disampaikan oleh guru dan membuat siswa merasa jenuh serta kurang aktif. Metode yang digunakan adalah Free Experimen. Desain penelitian nya adalah One-Group Pretest Posttest Design. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas X MIA di salah satu SMA Negeri di Kota Garut pada semester ganjil tahun ajaran 2016-2017, yaitu kelas X MIA 3 yang ditentukan dengan teknik purpossive sampling. Parameter yang diukur pada penelitian ini ialah hasil belajar siswa yaitu ranah kognitif, afektif dan psikomotor. Instrumennya berupa 20 soal pilihan ganda untuk mengukur ranah kognitif dan instrumen non-test yang mengukur ranah afektif dan psikomotor. Hasil penelitian didapatkan nilai rata-rata pretest 44,97 dan posttest sebesar 82,88. Setelah dilakukan penelitian pretest dan posttest peneliti melanjutkan dengan uji f dan diperoleh dengan hasil uji f signifikan, karena F hitung < F tabel yaitu 1,24< 2,271. Hasil pengolahan data menunjukan bahwa hipotesis Ho ditolak, sehingga terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa sebelum melakukan pembelajaran dengan metode pembelajaran Field Trip dengan nilai siswa yang sudah diberikan perlakuan pembelajaran menggunakan metode pembelajaran Field Trip. Sedangkan, pada ranah afektif dan psikomotor diperoleh data ratarata siswa memenuhi kriteria baik. Maka dapat dikatakan penggunaan metode pembelajaran Field Trip dalam pembelajaran biologi pada materi fungi dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Field Trip, Materi Fungi.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 23 Sep 2016 13:14
Last Modified: 23 Sep 2016 13:14
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12501

Actions (login required)

View Item View Item