PENGARUH KOMPETENSI GURU TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI KELAS XI IIS SMA PGRI 1 BANDUNG TAHUN AJARAN 2016/2017

ISMI YUSANTI, 125020048 (2016) PENGARUH KOMPETENSI GURU TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI KELAS XI IIS SMA PGRI 1 BANDUNG TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER CIMI.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
01 BAB I.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02 BAB II.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (199kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “PENGARUH KOMPETENSI GURU TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DIKELAS XI IIS SMA PGRI 1 BANDUNG”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompetensi guru ekonomi terhadap peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IIS di SMA PGRI 1 Bandung. Penelitian yang dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Dengan siswa yang menjadi responden sebanyak 41 orang. Instrumen yang digunakan adalah Angket (Quisioner). Angket ini terdiri dari 17 pernyataan, 9 pernyataan untuk kompetensi guru dan 8 pernyataan untuk prestasi belajar siswa. Teknik pengolahan data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas data, korelasi, analisis regresi linier sederhana, dan koefisien determinasi dengan menggunakan program SPSS 21.0 for windows. Hipotesis dalam penelitian ini berbunyi “Terdapat pengaruh dari kompetensi guru terhadap peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi dikelas XI IIS SMA PGRI 1 Bandung tahun ajaran 2016/2017”. Berdasarkan rata-rata perolehan untuk pernyataan mengenai kompetensi guru (Variabel X) sebesar 4,05% yang dikategorikan baik, sedangkan rata-rata perolehan untuk prestasi belajar siswa (Variabel Y) sebesar 4.04% yang dikategorikan baik. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat pengaruh kompetensi guru terhadap peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IIS di SMA PGRI 1 Bandung, hal ini dibuktikan dengan R Square sebesar 0, 819 yang berarti pengaruh kompetensi guru sebesar 81,9% selebihnya dipengaruhi oleh variabel lain. Sebagai akhir dari penelitian penulis menyampaikan saran kepada guru ekonomi agar selalu terus meningkatkan kompetensi nya supaya prestasi belajar siswa meningkat, kepada siswa agar senantiasa semangat dalam belajar dan terus meningkatkan prestasi belajarnya, kepada sekolah agar pihak sekolah khususnya kepala sekolah untuk mendukung peningkatan kompetensi guru dan bagi peneliti selanjutnya agar dapat mengembangkan penelitian ini dengan lebih baik lagi pada kelas yang berbeda dan sekolah yang berbeda pula. Kata Kunci : kompetensi guru, prestasi belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 23 Sep 2016 13:02
Last Modified: 23 Sep 2016 13:02
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12491

Actions (login required)

View Item View Item