ISMI YUSANTI, 125020048 (2016) PENGARUH KOMPETENSI GURU TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI KELAS XI IIS SMA PGRI 1 BANDUNG TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER CIMI.pdf Download (23kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (222kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRACT.pdf Download (222kB) | Preview |
|
|
Text
01 BAB I.pdf Download (312kB) | Preview |
|
|
Text
02 BAB II.pdf Download (248kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (199kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berjudul “PENGARUH KOMPETENSI GURU TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DIKELAS XI IIS SMA PGRI 1 BANDUNG”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompetensi guru ekonomi terhadap peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IIS di SMA PGRI 1 Bandung. Penelitian yang dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Dengan siswa yang menjadi responden sebanyak 41 orang. Instrumen yang digunakan adalah Angket (Quisioner). Angket ini terdiri dari 17 pernyataan, 9 pernyataan untuk kompetensi guru dan 8 pernyataan untuk prestasi belajar siswa. Teknik pengolahan data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas data, korelasi, analisis regresi linier sederhana, dan koefisien determinasi dengan menggunakan program SPSS 21.0 for windows. Hipotesis dalam penelitian ini berbunyi “Terdapat pengaruh dari kompetensi guru terhadap peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi dikelas XI IIS SMA PGRI 1 Bandung tahun ajaran 2016/2017”. Berdasarkan rata-rata perolehan untuk pernyataan mengenai kompetensi guru (Variabel X) sebesar 4,05% yang dikategorikan baik, sedangkan rata-rata perolehan untuk prestasi belajar siswa (Variabel Y) sebesar 4.04% yang dikategorikan baik. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat pengaruh kompetensi guru terhadap peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IIS di SMA PGRI 1 Bandung, hal ini dibuktikan dengan R Square sebesar 0, 819 yang berarti pengaruh kompetensi guru sebesar 81,9% selebihnya dipengaruhi oleh variabel lain. Sebagai akhir dari penelitian penulis menyampaikan saran kepada guru ekonomi agar selalu terus meningkatkan kompetensi nya supaya prestasi belajar siswa meningkat, kepada siswa agar senantiasa semangat dalam belajar dan terus meningkatkan prestasi belajarnya, kepada sekolah agar pihak sekolah khususnya kepala sekolah untuk mendukung peningkatan kompetensi guru dan bagi peneliti selanjutnya agar dapat mengembangkan penelitian ini dengan lebih baik lagi pada kelas yang berbeda dan sekolah yang berbeda pula. Kata Kunci : kompetensi guru, prestasi belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2016 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 23 Sep 2016 13:02 |
Last Modified: | 23 Sep 2016 13:02 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12491 |
Actions (login required)
View Item |