PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK TALK WRITE TERHADAP PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Sub pokok Pengantar ilmu ekonomi Kelas X IIS di SMA Kartika XIX-1 Bandung Tahun ajaran 2015-2016)

Siti Aulia Nurlaela Sari, 125020021 (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK TALK WRITE TERHADAP PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Sub pokok Pengantar ilmu ekonomi Kelas X IIS di SMA Kartika XIX-1 Bandung Tahun ajaran 2015-2016). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK bahasa indonesia.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT bahasa inggris.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (489kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (95kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK TALK WRITE TERHADAP PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI” Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran cooperative learning tipe think talk write terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IIS di SMA Kartika XIX-1 Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi mengenai penggunaan model pembelajaran kooperatif learning tipe think talk write dalam meningkatkan pemahaman siswa. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode Quasi Eksperimen dengan desain penelitian Control group pre test-post test. Populasi dari penelitian ini adalah kelas X SMA Kartika XIX-1 Bandung, dengan sampel sebanyak 2 kelas, yaitu kelas X IIS 2 dan X IIS 4. Data hasil penelitian diperoleh dengan menggunakan instrumen berbentuk pilihan ganda sebanyak 20 soal yang diberikan melalui pretest dan posttest. Berdasarkan hasil analisis rata-rata ( pretest kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah sebesar 26,93 dengan perolehan nilai berkisar antara 5 - 45 dan rata-rata ( ) posttest sebesar 71,95 dengan perolehan nilai berkisar antara 40 - 90. Sedangkan kelas yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif learning tipe think talk write, rata-rata ( ) pretest sebesar 28,64 dengan perolehan nilai berkisar antara 15 – 60 dan rata- rata ( ) posttest sebesar 76,68 dengan perolehan nilai berkisar antara 55 - 95. Setelah diketahui hasil pretest dan posttes tiap kelas maka dilakukan uji t, tes awal (pretest) terlihat bahwa nilai signifikansi (sig.2-tailed) dengan uji-t adalah 0,390. Karena nilai probabilitasnya lebih besar dari 0,05 maka H 0 diterima atau kemampuan memahami materi siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol pada tes awal (pretes) tidak berbeda secara signifikan. Dan test post dengan hasil nilai p-value (2-tailed) harus dibagi dua”, sehingga menjadi . Karena p-value = 0,0055 < α = 0,05 maka H 0 : µ 1 =µ 2 ditolak dan H a : µ 1 >µ 2 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran think talk write lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan metode ceramah. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif learning tipe think talk write dapat meningkatkan pemahaman siswa. Kata Kunci : Model pembelajaran kooperative learning tipe think talk write, Pemahaman Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 23 Sep 2016 12:55
Last Modified: 23 Sep 2016 12:55
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12490

Actions (login required)

View Item View Item