UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN RECIPROCAL TEACHING PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN

Tia Setiawati, 122030125 (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN RECIPROCAL TEACHING PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Abstrak Indonesia.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Abstrak English.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB I.pdf

Download (414kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. BAB II.pdf

Download (796kB) | Preview
[img]
Preview
Text
18. DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI.pdf

Download (143kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh temuan di lapangan yang menunjukan bahwa hasil belajar biologi siswa masih terbilang rendah, hal tersebut salah satunya disebabkan oleh kurangnya penerapan strategi model atau pendekatan pembelajaran yang dikembangkan oleh guru. Penelitian i ni bert ujuan untuk mengetahui penggunaan pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi pencemaran lingkungan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X S MA Pasundan 2 Bandung,. Pengambilan sampel dilakukan d engan menggunakan teknik purposive sampling . S ampel penelitian berjumlah 30 orang untuk kelas eksperimen dan 30 orang untuk kelas kontrol . Motede penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen (eksperimen semu) dengan desain penelitian yang digunakan ad alah Pretest - Posttest Control Group Design . Instrumen yang digunakan berupa soal pilihan ganda pretest dan posttes t . yang telah di uji validitas dan reliabilitas sebelumnya. Pengolahan data hasil Posttest dilakukan uji normalitas, homogenitas dan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji - t. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah penggunaan pendekatan reciprocal teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis data hi potesis posttest menggunakan uji - t diperoleh nilai t hitung = 4,66 dan t tabel (0,01) = 2,67 pada taraf signifikan 99% atau α = 0,01 menunjukan t hitung > t tabel , yang berarti hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Hal ini menun jukan bahwa terdapat perbedaan nilai signifikan antara pembelajaran tanpa menggunakan reciprocal teaching dengan pembelajaran menggunakan reciprocal teaching . Berdasarkan penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan pend ekatan reciprocal teaching pada materi pencemaran lingkungan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci : Hasil Belajar, Pendekatan Reciprocal Teaching, Pencemaran Lingkungan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2016
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 22 Sep 2016 19:18
Last Modified: 22 Sep 2016 19:18
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12468

Actions (login required)

View Item View Item