PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN BAHAN AJAR BROSUR PADA KONSEP KEANEKARAGAMAN HAYATI

DWITA NURHIDAYANTY, 125040122 (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN BAHAN AJAR BROSUR PADA KONSEP KEANEKARAGAMAN HAYATI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover Skripsi.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (476kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (66kB) | Preview

Abstract

Dwita Nurhidayanty. 2016. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Bahan Ajar Brosur Pada Konsep Keanekaragaman Hayati. Dibawah bimbingan Prof. Dr. H. Toto Sutarto Gani Utari,M.Pd dan Dra. Hj. Lilis Suhaerah, M.Kes. Penelitian ini dilatar b elakangi oleh adanya permasalahan mengenai rendahnya pemahaman siswa dalam mata pelajaran biologi yang disebabkan oleh tidak terdapatnya suatu kegiatan pembelajaran dengan bantuan bahan ajar yang menarik sehingga hasil belajar siswa menjadi rendah. Oleh ka rena itu dibutuhkan suatu bahan ajar yang baru dan menarik sehingga mampu membantu siswa dalam memahami konsep pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu ingin mengetahui apakah penerapan bahan ajar brosur dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep keanekaragaman hayati. Metode yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah Experiment dengan desain Pre - experimental design dengan bentuk One Group Pretest - Posttest tanpa menggunakan kelas kontrol . Populasi dalam penelitian ini adalah 5 kelas X MIA SMA An gkasa Bandung dengan sampel penelitian kelas X MIA D dengan jumlah siswa 38. Instrumen yang dipergunakan berupa tes objektif sebanyak 20 soal yang diberikan pada saat pretest dan posttest . Hasil analisis data menunjukkan rata - rata pretest sebesar 39,13 dan rata - rata posttest sebesar 78,28 dilanjutkan dengan uji t, dengan hasil t hitung > t tabel yaitu 21,4 ≥ 2,651 yang artinya H 0 = ditolak dan H 1 = diterima, da n termasuk dalam kategori signifikan , serta hasil N - Gain yaitu 0, 652711 yang termasuk kedalam kategori sedang . Dan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran menggunakan bahan ajar brosur dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci : Bahan Ajar Brosur, Hasil Belajar, One Group Pretest - Posttes Design, Konsep Keanekaragaman Hayati

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2016
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 22 Sep 2016 19:29
Last Modified: 22 Sep 2016 19:29
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12466

Actions (login required)

View Item View Item