PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) PADA KONSEP SISTEM INDERA

RINA SUCI RAMDHANI, 125040073 (2016) PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) PADA KONSEP SISTEM INDERA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK 1.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT 2.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I .pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (367kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (169kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini b ertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penggunaan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada konsep sistem indera pada kelas XI. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Pre - Eksperimental dengan desain penelitiannya yaitu one grup pretest - posttest design. Parameter yang diukurnya adalah hasil belajar siswa (kognitif) sebagai data utama, serta (afektif) dan (psikomotor) s ebagai data penunjang. Waktu penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2015/2016 pada kelas XI MIA B dengan jumlah 28 siswa yang bertempatkan di SMA Angkasa Bandung . Instrumen dalam penelitian ini adalah tes objektif (pilihan ganda) sebanyak 25 soal yang diberikan sebelum ( pretest ) dan sesudah pembelajaran ( posttest ), sedangkan penilaian afektif dan psikomotor menggunakan lembar observasi dan penilaian dilakukan pada saat pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan rata - rata nilai pretest adalah 38,21 dan rata - rata nilai posttest sebesar 79,96. Setelah dilakukan penghitungan pada data pretest dan posttest maka sel a njutnya peneliti melanjutkan dengan uji t dan diperoleh hasil uji t yang signifikan karena t hitung  t tabel yaitu 2,77  19,7 . Dan n - gain yang didapatkannya yaitu sebesar 0,67 dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Cooperative Intergrated Reading and Composition (CIRC) dapat meningkatkan hasil belajar siswa, pada pen elitian ini diterapkan pada materi sistem indera. Kata kunci : Model pembelajaran, C ooperative Intergrated Reading and Composition (CIRC), sistem indera, hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2016
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 22 Sep 2016 18:55
Last Modified: 22 Sep 2016 18:55
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12460

Actions (login required)

View Item View Item