PERBANDINGAN MULTIMEDIA BERBASIS PROJECT BASED LEARNING DENGAN POWER POINT BERBASIS CERAMAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP VIRUS

DWI YULIANA, 125040147 (2016) PERBANDINGAN MULTIMEDIA BERBASIS PROJECT BASED LEARNING DENGAN POWER POINT BERBASIS CERAMAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP VIRUS. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I revisi 1 (ACC).pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II revisi 2.pdf

Download (589kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (91kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan latar belakang rendahnya hasil belajar siswa pada konsep virus di kelas X MIPA SMA Pasundan 1 Bandung. Hal ini dikarenakan kurangnya penerapan strategi model pembelajaran atau pendekatan yang diterapkan oleh guru pada saat pembelajaran, sehingga 50% lebih siswa mendapatkan nilai di bawah KKM 75 setiap tahunnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan multimedia berbasis project based learning dengan power point berbasis ceramah pada konsep virus di SMA Pasundan 1 Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Quasi Eksperimen dengan desain penelitian Nonquivalent Control Group Design. Data hasil penelitian diperoleh dengan pretest dan posttest. Instrumen dalam penelitian ini adalah test objektif pilihan ganda sebanyak 20 soal. Data hasil penelitian ini kemudian dianalisis menggunakan uji normalitas berupa Chi-Kuadrat (X 2 ), uji homogenitas berupa varian atau uji F, dan pengujian menggunakan uji t. Berdasarkan hasil analisis data hipotesis dari posttest menggunaan uji t diperoleh nilai t hitung = 2,75 dan t tabel (0,01)= 2,66 pada taraf signifikan 1% atau α= 0,01 menunjukkan t hitung > t tabel , yang berarti hipotesis (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara pembelajaran multimedia berbasis project based learning dengan power point berbasis ceramah. Berdasarkan penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan multimedia berbasis project based learning pada konsep virus dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Multimedia, Project Based Learning, Power Point, Ceramah, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 22 Sep 2016 18:36
Last Modified: 22 Sep 2016 18:36
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12454

Actions (login required)

View Item View Item