MUTIA NURHASANA, 125040180 (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION PADA KONSEP SISTEM PENCERNAAN MANUSIA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (27kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (197kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak inggris.pdf Download (243kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (205kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (730kB) | Preview |
|
|
Text
dapus .pdf Download (102kB) | Preview |
Abstract
P enelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa , yang ditunjukan dengan nilai masih di bawah KKM ( ). Ber d asarkan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep sistem pencernaan . M odel pembelaj aran yang digunakan adalah Problem Based Instruction . Metodenya adalah eksperimen (experimental research) . Desainnya adalah The one group pretest - posttest . Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII A SMP Pasundan 2 Bandung . Teknik pengambilan sampelnya adalah purposive sampling . P engumpulan data menggunakan tes objektif sebanyak 20 soal, yang diberikan saat pretest dan posttes . Hasil analisis data menunjukan nilai pretest memiliki rata - rata sebe sar 43,56 dan nilai posttest memiliki rata - rata nilai 80,15 H asil uji hipotesis menunjukan hasil yang signifikan, bahwa , yaitu 17.17 2.66 . A rtinya ditolak dan sebagai alternatif diterima . Hasil N - Gain yaitu 0,6 5 termasuk dalam kategori sedang. H asil analisis data men unjukan bahwa , model pembelajaran Problem Based Instruction dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep system pencernaan manusia . Kata Kunci : Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) , eksperimen (experimental research) , Desain Penelitian The One Group Pretest - Posttest , Konsep System Pencernaan Manusia.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2016 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 22 Sep 2016 19:25 |
Last Modified: | 22 Sep 2016 19:25 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12444 |
Actions (login required)
View Item |