PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP VIRUS MELALUI PENGGUNAAN MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING

Rismayani Kartika, 125040112 (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP VIRUS MELALUI PENGGUNAAN MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT INGGRIS.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (150kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa yang kurang memuaskan dan tidak memenuhi kriteria ketuntasan minimal. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penggunaan model guided discovery learning. Metode yang digunakan adalah metode Pre-Experimental dengan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi adalah siswa kelas X IPA MA Plus Al-Munir. Sampel adalah siswa kelas X IPA 1 dengan jumlah siswa 30 orang. Instrumen yang digunakan berupa tes objektif sebanyak 20 soal, sedangkan ranah afektif dan psikomotor menggunakan rubrik penilaian. Hasil analisis data menunjukkan rata-rata pretest sebesar 42,13 dan nilai rata-rata postest sebesar 78,53. Nilai indeks gain adalah 0,875 yang termasuk ke dalam kriteria tinggi, maka berdasarkan indeks gain tersebut ditunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model guided discovery learning. Hasil uji hipotesis diperoleh t hitung 14,42 > t tabel 2,04, artinya H 0 = ditolak dan H 1 = diterima sehingga terdapat perbedaan secara signifikan. Nilai rata-rata aspek afektif yaitu 79,66 dengan kriteria baik. Nilai rata-rata aspek psikomotor yaitu 77,33 dengan kriteria baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran guided discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa . Kata kunci: Guided discovery learning, Virus, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 22 Sep 2016 18:06
Last Modified: 22 Sep 2016 18:06
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12433

Actions (login required)

View Item View Item