PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN POWERPOINT DENGAN AURORA 3D PRESENTATION BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA KONSEP VIRUS

TIANTI ANGGIANI, 1 25040071 (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN POWERPOINT DENGAN AURORA 3D PRESENTATION BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA KONSEP VIRUS. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. cover skripsi.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. abstrak indonesia.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. abstrak inggris.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Bab 1.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Bab 2.pdf

Download (414kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. daftar pustaka.pdf

Download (153kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul Perbedaan Hasil Belajar Siswa melalui penggunaan powerpoint dengan aurora 3d presentation berbasis problem based learning Pada Konsep Virus . Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan aurora 3 d presentation berbasis problem based learning dan powerpoint berbasis problem based learning . M etode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Quasi Eksperimen. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Karya Pembangunan Baleendah tahun ajaran 201 5 /201 6 pada semester 1 dengan sampel sebanyak dua kelas yaitu kelas X IPA 1 dan kelas X IPA 2 . Instrumen yang digunakan berupa tes dan non tes. Instrumen tes berupa tes obyektif berupa soal berjumlah 20 soa l sedangkan non test menggunakan lembar observasi yang mencakup afektif dan psikomotor . Nilai Rata - rata pre - test kelas aurora 3d presentation berbasis problem based learning yaitu 40, 96 sedangkan rata - rata pre - test kelas powerpoint berbasis problem based learning adalah 4 0 , 3 . Berdasarkan analisis data nilai p re - test kedua kelas menggunakan uji - t dan diperoleh hasil bahwa t hitung ( 0,36 ) < t tabel (2,00) pada taraf signifikan 5% atau = 0,05 . Jadi data nilai p re - test antara kedua kelas tersebut tidak terdapat perbedaan yang signifikan karena t hitung < t tabel . Berdasarkan analisis data post - test dengan uji t didapatkan hasil bahwa t hitung ( 2,84 ) > t tabel (2,00) pada taraf signifikan 5% atau = 0,05. Hasil tersebut menunjukan bahwa terdap at perbedaan yang signifikan an ta ra kedua kelas tersebut karena t hitung > t tabel . Dilakukan pula penilaian afektif didapatkan skor rata - rata 79,7 % pada kelas aurora 3d presentation berbasis problem based learning dan 78 % pada kelas powerpoint berbasis problem based learning . Rata - rata tersebut termasuk dalam kategori baik. Sedangkan penilaian psikomotor didapatkan skor rata - rata 78,8 % pada kelas aurora 3d presentation berbasis problem based learning dan 7 5 % pada kelas powerpoint berbasis problem based learning . Rata - rata tersebut termasuk dalam kategori baik. Jadi dapat disimpulkan terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang menggunakan aurora 3d presentation berbasis problem based learning dengan nilai rata - rata 78,3 dan siswa yang menggunakan powerpoint berbasis problem based learning dengan nilai rata - rata 7 1 , 2 . Kata Kunci : Hasil belajar siswa biologi, aurora 3d presentation berbasis problem based learning dan powerpoint berbasis problem based learning

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2016
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 22 Sep 2016 17:45
Last Modified: 22 Sep 2016 17:45
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12414

Actions (login required)

View Item View Item