PEMBELAJARAN MENGUNGKAPKAN ISI PUISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL EXPLICIT INSTRUCTION PADA SISWA KELAS X SMK INSAN MANDIRI TAHUN AJARAN 2015-2016

ANGGITYA GANTINA, 125030098 (2016) PEMBELAJARAN MENGUNGKAPKAN ISI PUISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL EXPLICIT INSTRUCTION PADA SISWA KELAS X SMK INSAN MANDIRI TAHUN AJARAN 2015-2016. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. cover.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. ABSTRACT.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB I.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. BAB II.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (86kB) | Preview

Abstract

Menyimak adalah suatu proses kegiatan mendengarkan lambang-lambang lisan dengan penuh perhatian, pemahaman, apresiasi, serta interpretasi untuk memperoleh informasi, menangkap isi atau pesan, termasuk mengungkapkan isi puisi. Model explicit instruction merupakan salah satu model pembelajaran yang mengajarkan informasi dan pengetahuan faktual yang sangat terstruktur, mengarahkan kepada siswa untuk belajar lebih aktif dan dapat merangsang ketertarikan dan antusiasme siswa. Sehubungan dengan itu, penulis tertarik melakukan penelitian pembelajaran mengungkapkan isi puisi dengan menggunakan model explicit instruction pada siswa kelas X TKJ SMK Insan Mandiri. Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah (1) Mampukah penulis merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran mengungkapkan isi puisi dengan menggunakan model Explicit Instruction pada siswa kelas X TKJ SMK Insan Mandiri?; (2) Mampukah siswa kelas X TKJ SMK Insan Mandiri mengungkapkan isi puisi dengan menggunakan model Explicit Instruction?; dan (3) Efektifkah model Explicit Instruction digunakan dalam pembelajaran mengungkapkan isi puisi pada siswa kelas X TKJ SMK Insan Mandiri? Hipotesis yang penulis rumuskan yaitu: (1) penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran mengungkapkan isi puisi dengan menggunakan model Explicit Instruction pada siswa kelas X TKJ SMK Insan Mandiri; (2) siswa kelas X TKJ SMK Insan Mandiri mampu mengungkapkan isi puisi dengan menggunakan model Explicit Instruction; dan (3) model Explicit Instruction efektif digunakan dalam pembelajaran mengungkapkan isi puisi pada siswa kelas X TKJ SMK Insan Mandiri. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode eksperimen dengan teknik penelitian telaah pustaka, uji coba, teknik tes, teknik analisis. Adapun hasil penelitiannya sebagai berikut. 1. Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran mengungkapkan isi puisi dengan menggunakan model explicit instruction pada siswa kelas X TKJ SMK Insan Mandiri. Hal ini terbukti dengan hasil penilaian perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran sebesar 3,8. Kemampuan penulis termasuk kategori baik sekali (A). 2. Siswa kelas X TKJ SMK Insan Mandiri mampu mengungkapkan isi puisi dengan menggunakan model explicit instruction. Hal ini terbukti dari hasil nilai ratarata pretes sebesar 1,21 dan nilai-nilai rata-rata postes sebesar 3,22 Peningkatannya sebesar 2,01. 3. Model explicit instruction efektif digunakan dalam pembelajaran mengungkapkan isi puisi pada siswa kelas X TKJ SMK Insan Mandiri. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan hasil vi sebesar 20,1, sebesar 2,09 pada tingkat kerpercayaan 95% dan db sebesar 19. Artinya, penulis menyim- pulkan bahwa semua hipotesis yang dirumuskan dapat diterima. Kata Kunci: Pembelajaran, mengungkapkan isi puisi, explicit instruction.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 22 Sep 2016 17:39
Last Modified: 22 Sep 2016 17:39
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12412

Actions (login required)

View Item View Item