PEMBELAJARAN MERINGKAS TEKS CERITA BIOGRAFI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GORDON PADA SISWA KELAS VIII SMPN 3 PAGADEN SUBANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017

FEBBY RAMDHANI PUTRA, 125030004 (2016) PEMBELAJARAN MERINGKAS TEKS CERITA BIOGRAFI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GORDON PADA SISWA KELAS VIII SMPN 3 PAGADEN SUBANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (86kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran meringkas berkaitan dengan keterampilaan menulis dan menyimak. Salah satunya yaitu menulis teks cerita biografi dengan menggunakan model pembelajaran Gordon, yang menekankan pada konsep untuk mengembangkan kreatifitas siswa dalam memecahkan maslah. Sehubungan dengan itu, penulis tertarik melakukan penelitian pembelajaran meringkas teks cerita biografi dengan menggunakan model pembelajaran Gordon pada siswa kelas VIII SMPN 3 Pagaden. Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah: (1) Mampukah penulis merencanakan, melaksanakan, menilai pembelajaran meringkas teks cerita biografi dengan menggunakan model pembelajaran Gordon pada siswa kelas VIII SMPN 3 Pagaden? (2) Mampukah siswa kelas VIII SMPN 3 Pagaden meringkas teks cerita biografi dengan tepat? dan (3) Efektifkah model pembelajaran Gordon digunakan dalam pembelajaran meringkas teks cerita biografi pada siswa kelas VIII SMPN 3 Pagaden?. Hipotesis yang penulis rumuskan yaitu: (1) penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai kegiatan pembelajaran meringkas teks cerita biografi dengan menggunakan model pembelajaran Gordon pada siswa kelas VIII C SMPN 3 Pagaden; (2) siswa kelas VIII C SMPN 3 Pagaden mampu meringkas teks cerita biografi dengan tepat dan (3) model pembelajaran Gordon digunakan dalam pembelajaran meringkas teks cerita biografi pada siswa kelas VIII C SMPN 3 Pagaden. Adapun hasil penelitian yang penulis lakukan sebagai berikut: a. Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran meringkas teks cerita biografi dengan menggunakan model pembelajaran Gordon pada siswa kelas VIII C SMPN 3 Pagaden.Hal ini terbukti dengan hasil penilaian perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran sebesar 3,78 yang termasuk kategori baik sekali. b. Siswa kelas VIII C SMPN 3 Pagaden mampu meringkas teks cerita biografi dengan menggunakan model pembelajaran Gordon. Hal ini terbukti dari hasil nilai rata-rata pretes sebesar 1,39 dan nilai rata-rata postes sebesar 3,17. Peningkatannya sebesar 1,78. c. Metode inkuiri efektif digunakan dalam pembelajaran mengklasifikasi teks cerita biografi. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan hasil t hitung sebesar 13,5, t tabel sebesar 2,06 pada tingkat kepercayaan 95%, dan db sebesar 24. Artinya, penulis menyimpulkan bahwa semua hipotesis yang dirumuskan dapat diterima. Kata Kunci: Pembelajaran, meringkas teks cerita biografi, dan model pembelajaran gordon.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 22 Sep 2016 15:39
Last Modified: 22 Sep 2016 15:39
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12396

Actions (login required)

View Item View Item