PEMBELAJARAN MEMPRODUKSI TEKS PROSEDUR KOMPLEKS BERDASARKAN KARAKTERISTIK TEKS DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUANTUM LEARNING PADA SISWA KELAS X SMK NASIONAL BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016

ONIK WARSONIK, 25030054 (2016) PEMBELAJARAN MEMPRODUKSI TEKS PROSEDUR KOMPLEKS BERDASARKAN KARAKTERISTIK TEKS DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUANTUM LEARNING PADA SISWA KELAS X SMK NASIONAL BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88kB) | Preview

Abstract

Memproduksi suatu tulisan merupakan salah satu aspek penting dalam keterampilan berbahasa. Metode Quantum Learning merupakan metode menarik dalam pembelajaran dengan tujuan merangsang kreativitas peserta didik, khususnya pada pembe lajaran memproduksi teks prosedur kompleks . Sehubungan dengan hal tersebut, penulis tertarik melakukan penelitian pembe lajaran memproduksi teks prosedur kompleks berdasarkan karakteristik teks dengan menggunakan metode quantum learning pada siswa kelas X S MK Nasional Bandung tahun pelajaran 2015/2016. Rumusan ma salah yang penulis ajukan sebagai berikut.( 1) Apakah pe nulis mampu melak sanakan kegiatan pembelajaran memproduksi teks prosedur kompleks berdasarkan karakteristik teks dengan menggunakan metode quantum learning pada siswa SMK Nasional Bandung ? ( 2) Apakah siswa kelas X SMK Nasional Ba n dung memproduksi teks prosedur komplek dengan meng gunakan metode quantum learning ? ( 3) E fektifkah metode quantum learning diterapkan dalam pembelajaran memproduksi teks prosedur kompleks? Hipotesis yang penulis rumuskan yaitu: ( 1) penulis mampu merencanakan, melaksanakan dan menilai, pembelajara n memproduksi teks prosedur komplek berdasarkan karakteristik teks dengan menggunakan m etode quantum learning pada siswa kelas X SMK Nasional Bandung tahun pelajaran 2015/2016 ; ( 2) siswa SMK Nasional mampu mengikuti pembelajaran memproduksi teks prosedur komplek berdasarkan karakteristik teks dengan menggunakan metode quantum learning ; dan ( 3) m etode quantum learning efektif digunakan dalam pembelajaran memproduksi teks prosedur komplek berdasarkan karakteristik teks pada siswa kelas X SMK Nasional Bandung. Metode penelit ian yang penulis gunakan adalah kuasi eksperiment/ ekspe - rimen semu dengan teknik penelitian studi pustaka, tes dan analisis. Adapun hasil penelitiannya sebagai berikut. 1. P enulis mampu melaksanakan pembelajaran memproduksi teks prosedur komplek berdasarkan karakteristik teks . Hal ini terbukti dari hasil penilaian perencana an dan pelaksanaan pembelaj a ran sebesar 3,75 . Perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran yang telah dila ksanakan dapat dinyatakan dalam kategori Baik (B ), sehingga penulis dianggap berhasil melaksanakan pembelajaran memproduksi teks prosedur komplek berdasarkan karakteristik teks dengan menggunakan metode quantum learning. 2. S iswa kelas X TKJ SMK Nasional Bandung mampu memproduksi teks prosedur komplek berdasarkan karakteristik teks dengan menggunakan metode quantum learning . Hal ini terbukti dari hasil nilai rata - rata pretes sebesar 41,23 dan nilai rata - rata postes 81,43 . P eningkatannya sebesar 40,2 . 3. M etode quantum learning efektif digunakan d al am pembelajaran memproduksi teks prosedur komplek berdasarkan karakteristik teks . Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan hasil t hitung sebesar 9,46 , t tabel sebesar 1,62 pada tingkat kepercayaan 95%, dan derajat kebebasan sebesar 1 9. Artinya, penulis menyimpulkan bahwa semua hipotesis yang dirumuskan dapat diterima . vi

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2016
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 22 Sep 2016 14:35
Last Modified: 22 Sep 2016 14:35
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12358

Actions (login required)

View Item View Item