PENGARUH KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA TERHADAP PROSES BELAJAR MENGAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Studi kasus pada kelas X MIPA 5 SMA NEGERI 17 Bandung)

Sinta Nurmala, 125020098 (2016) PENGARUH KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA TERHADAP PROSES BELAJAR MENGAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Studi kasus pada kelas X MIPA 5 SMA NEGERI 17 Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I ACC.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II ACC.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Judul penelitian ini adalah Pengaruh Kedisiplinan Belajar Siswa Terhadap Aktivitas Proses Belajar Mengajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi di kelas X MIPA 5 di SMAN 17 Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya tingkat pengaruh kedisiplinan belajar siswa terhadap proses belajar mengajar pada mata pelajaran ekonomi kelas X MIPA 5 di SMAN 17 Bandung tahun pelajaran 2015/2016. Metode yang digunakan adalah asosiatif kausal yaitu penelitian yang dimaksud untuk mengungkapkan permasalahan yang bersifat hubungan sebab akibat antara dua variabel atau lebih. Dalam penelitian ini terdapat variabel independen (variabel yang mempengaruhi) dan variabel dependen (dipengaruhi). Teknik pengumulan data yang digunakan yaitu observasi, angket, dokumentasi dan studi pustaka dengan teknik pengolahan data uji validitas, uji reabilitas, uji normalitas data, kolerasi, analisis regresi linier sederhana dan koefisien determinasi dengan menggunakan program SPSS 21.0 for windows. Dalam penelitian ini sampel yang digunakan Sampel Jenuh (Sensus) yaitu siswa kelas X MIPA 5 SMAN 17 Bandung semester II tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 38 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh kedisiplinan belajar siswa terhadap proses belajar mengajar siswa. Hal ini dilihat dari hasil pengelolaan data menggunakan program SPSS 21.0 for windows. Hasil olah data terdapat korelasi anatar variabel X dan Variabel Y sebesar 0,675 itu berarti kolerasi tersebut cukup kuat, regresi nilai sederhana Y = 0,346 + 0,564 X, dan koefisien determinasi atau R² sebesar 55%. Hasil perhitungan rata-rata butir angket pada variabel X yaitu sebesar 87,6% yang menunjukan siswa setuju kedisiplinan belajar dapat meningkatkan proses belajar mengajar. Hasil rata-rata tiap butir angket pada variabel Y sebesar 85,80% yang menunjukan bahwa siswa setuju faktor lain yang mempengaruhi hasil belajar siswa yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Kesimpulan yang dapat dikemukakan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh positif dan signifikan pelaksanaan kedisiplinan belajar siswa terhadap proses belajar mengajar pada mata pelajaran ekonomi kelas X MIPA 5 SMAN 17 Bandung. Sebagai akhir penelitian penulis menyampaikan saran-saran agar dalam proses belajar mengajar, siswa dapat menerapkan pelaksanaan kedisiplinan belajar terhadap proses belajar mengajar pada mata pelajaran ekonomi dan mata pelajaran lainnya. Kata Kunci : Kedisiplinan Belajar Siswa, Proses Belajar Mengajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2016
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 22 Sep 2016 14:42
Last Modified: 22 Sep 2016 14:42
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12356

Actions (login required)

View Item View Item