PENERAPAN MODEL GUIDED DISCOVERY DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PROBLEM POSING DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SERTA DAMPAKNYA TERHADAP PENURUNAN KECEMASAN MATEMATIS SISWA (DI SMP IT ANNI’MAH)

Diah Nurul Azizah, NPM. 148060059 (2016) PENERAPAN MODEL GUIDED DISCOVERY DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PROBLEM POSING DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SERTA DAMPAKNYA TERHADAP PENURUNAN KECEMASAN MATEMATIS SISWA (DI SMP IT ANNI’MAH). Thesis(S2) thesis, UNPAS.

[img] Text
Diah Nurul Azizah MTK.docx

Download (57kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan tuntutan pemerintah yang menginginkan kurikulum 2013 berjalan, tetapi tidak diikuti oleh para siswa yang masih pasif dalam pembelajaran serta rendahnya motivasi belajar siswa akan pelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan problem posing dan kemampuan pemecahan masalah dengan menggunakan model pembelajaran guided discoverydan mendeskripsikan penurunan kecemasan matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran guided discovery. Menurut metodenya, penelitian ini merupakan penelitian campuran menggunakan desain eksplanasi sekuensial. Populasi dan sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah kelas VIII SMP IT Anni’mah sebanyak 2 kelas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan problem posing dan kemampuan pemecahan masalah matematika dan angket skala kecemasan. Tes yang digunakan berupa tes tipe uraian. Skala kecemasan matematika siswa berisikan pernyataan-pernyataan kecemasan siswa terhadap pelajaran matematika. Tes terlebih dahulu diujicobakan kepada 10 siswa kelas IX. Berdasarkan hasil uji coba tersebut didapat koefisien realibitasnya tinggi. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan bantuan SPSS 21.0 For Windows. Kemudian dilanjutkan dengan pengujian normalitas, homogenitas dan kesamaan dua rata-rata dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data hasil penelitian diperoleh kesimpulan : (1) Penurunan kecemasan matematika siswa kelas eksperimen tidak lebih baik atau sama dengan kelas kontrol. (2) peningkatan kemampuan problem posing kelas eksperimen tidak lebih baik atau sama dengan kelas kontrol. (3) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. (4) terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan kelas eksperimen dan kelas kontrol. (5) tidak ada korelasi antara penurunan kecemasan matematika dan kemampuan kognitif. Kata kunci :Guided Discovery, Kemampuan Problem Posing, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dan Kecemasan Matematis

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2016
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 22 Sep 2016 14:01
Last Modified: 22 Sep 2016 14:01
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12350

Actions (login required)

View Item View Item