SANTIA APRILIANI, 125030085 (2016) PENERAPAN METODE BLENDED LEARNING DALAM MEMPRODUKSI TEKS ANEKDOT PADA SISWA KELAS X SMK PAKUAN LEMBANG BANDUNG BARAT TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
Cover santia.pdf Download (109kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak santia-1.pdf Download (9kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak santia 2.pdf Download (9kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (193kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (180kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (17kB) | Preview |
Abstract
Memproduksi suatu tulisan merupakan salah satu aspek penting dalam keterampilan berbahasa. Metode Blended learning merupakan metode pembelajaran dengan tujuan merangsang kreativitas peserta didik, khususnya pada pembelajaran memproduksi teks anekdot. Sehubungan dengan hal tersebut, penulis tertarik melakukan penelitian penerapan metode blended learning dalam pembelajaran memproduksi teks anekdot pada siswa kelas X SMK Pakuan Lembang Bandung Barat 2016/2017. Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah: (1) Mampukah penulis merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran memproduksi teks anekdot padasiswa kelas X SMK Pakuan Lembang Bandung Barat?; (2)Mampukah siswa kelas X SMK Pakuan Lembang Bandung Barat memproduksi teks anekdot dengan struktur, ciri kebahasaan, dan kaidah penulisan yang tepat?;(3) Efektifkah metode blended learning digunakan dalam pembelajaran memproduksi teks anekdot pada siswa kelas X SMK Pakuan Lembang Bandung Barat. Hipotesis yang penulis rumuskan adalah: (1) Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran memproduksi teks anekdot pada siswa kelas X SMK Pakuan Lembang Bandung Barat; (2) Siswa kelas X SMK Pakuan Lembang Bandung Barat mampu memproduksi teks anekdot dengan struktur, ciri kebahasaan,dan kaidah penulisan yang tepat.; (3) Metode blended learning efektif digunakan dalam pembelajaran memproduksi teks anekdot pada siswa kelas X SMK Pakuan Lembang Bandung Barat. Berdasarkan hasil analisis perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan hasil evaluasi, penulis dapat mengambil simpulan sebagai berikut. (1) Penulis mampu melaksanakan pembelajaran penerapan metode blended learning dalam pembelajaran memproduksi teks anekdot pada kelas X SMK Pakuan Lembang Bandung Barat. Hal ini dapat dibuktikan dari penilaian guru bidang studi bahasa Indonesia terhadap perencanaan pelaksanaan pembelajaran. Jumlah nilai rata-rata yang diperoleh penulis adalah 3,6. Jadi, dalam hal ini penulis berhasil mengadakan penelitian tentang pembelajaran penerapan metode blended learning dalam pembelajaran memproduksi teks anekdot pada kelas X SMK Pakuan Lembang Bandung Barat. (2) Siswa kelas X TKJ SMK Pakuan Lembang Bandung Barat, mampu memproduksi teks anekdot dengan struktur, ciri kebahasaan, dan kaidah penulisan yang tepat. Hal ini terbukti, dengan hasil rata-rata pretes dan postes. Nilai rata-rata pretes yaitu 1,7 sedangkan nilai rata-rata postes 3,0. Jadi, selisih nilai rata-rata pretes dan postes yaitu 1,3. Hasil ini membuktikan, bahwa kemampuan pembelajaran pelaksanaan pembelajaran. Jumlah nilai rata-rata yang diperoleh penulis adalah 3,6. Jadi, dalam hal ini penulis berhasil mengadakan penelitian tentang pembelajaran penerapan metode blended learning dalam pembelajaran memproduksi teks anekdot pada kelas X SMK Pakuan Lembang Bandung Barat mengalami peningkatan. (3) Metode blended learning efektif digunakan dalam pembelajaran memproduksi teks anekdot pada siswa kelas X SMK Pakuan Lembang Bandung Barat. Hal ini, terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan 1,3>1,02 pada tingkat kepercayaan 95% dan db 14. Berdasarkan data tersebut, penulis menyimpulkan pembelajaran penerapan metode blended learning dalam memproduksi teks anekdot pada kelas X SMK Pakuann Lembang Bandung Barat berhasil dengan baik. Kata Kunci: Penerapan, metode blended learning, memproduksi, teks anekdot
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2016 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 21 Sep 2016 18:42 |
Last Modified: | 21 Sep 2016 18:42 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12325 |
Actions (login required)
View Item |