IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENGHAPUSAN KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA DI BIDANG PEMBERDAYAAN PEREMPUAN BADAN KELUARGA BERENCANA DAN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN KABUPATEN BANDUNG

REGINA PRATIWI, 122010040 (2016) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENGHAPUSAN KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA DI BIDANG PEMBERDAYAAN PEREMPUAN BADAN KELUARGA BERENCANA DAN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN KABUPATEN BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text
1 COVER.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 BAB 1.pdf

Download (227kB) | Preview
[img] Text
bismillah daftar pustaka.docx

Download (21kB)
[img]
Preview
Text
2 ABSTRAK.pdf

Download (158kB) | Preview
[img] Text
3 FIX BAB 2.docx

Download (112kB)

Abstract

Implementasi kebijakan adalah tindakan-tindakan yang dilakukan baik oleh individu-individu atau pejabat-pejabat atau kelompok-kelompok pemerintah atau swasta yang diarahkan pada tercapainya tujuan-tujuan yang telah digariskan dalam keputusan kebijaksanaan. Dalam hal ini tentunya kebijakan yang diimplementasikan oleh pemerintah adalah menyangkut masalah-masalah publik yang berkenaan dalam kebutuhan-kebutuhan individu secara garis besar sebagai upaya bentuk pelayanan publik kepada masyarakat. Pemerintah sebagai implementator dari sebuah kebijakan memiliki peran yang cukup strategis dalam melayani masyarakat sehingga peran pemerintah dalam mengimplementasikan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2004 tentang Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga keberadaan pemerintah sangat diperlukan dalam sebuah penanganan dan upaya menghapus kekerasan terhadap perempuan. Berdasarkan hasil penjajagan yang peneliti lakukan di Bidang Pemberdayaan Perempuan, Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan Kabupaten Bandung bahwa masih terdapat masalah yang cukup serius dari kalangan pemerintah Bidang Pemberdayaan Perempuan sebagai pelayan masyarakat dalam mengimplementasikan Undang-Undang tersebut. Bahwa dari segi kebijakan peraturan daerah yang mengatur secara khusus daerah Kabupaten Bandung dalam urusan kekerasan dalam rumah tangga belum ada. Di tambah sumber daya manusia Bidang Pemberdayaan Perempuan dari segi kualitas dan kuantitas bahkan secara finansial belum semuanya mendukung dan sangat kurang. Dari berbagai aktor kebijakan sebagai mitra kerja (stakeholder) lain yang mempunyai kepentingan dan tujuan yang sama belum sepenuhnya satu suara dalam memberantas kekerasan terhadap perempuan atau bisa dikatakan apatis terhadap masalah ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi kebijakan penghapusan kekerasan dalam rumah tangga di Bidang Pemberdayaan Perempuan Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan dan bagaimana hambatan serta upaya Bidang Pemberdayaan Perempuan mengatasi masalah kekerasan terhadap perempuan di Kabupaten Bandung. Desain penelitian ini adalah kualitatif-naturalistik. Penelitian kualitatif-naturalistik ini digunakan untuk memperoleh gambaran dan pemahaman secara mendalam tentang objek yang diteliti dengan menggunakan tekhnik analisis Miles & Huberman. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan wawancara yang dilakukan peneliti ke berbagai stakeholder (para pemangku kepentingan) dan korban kekerasan dalam rumah tangga di Kecamatan Paseh Kabupaten Bandung dengan sebanyak-banyaknya sehingga mendapatkan informasi yang akurat mengenai masalah yang sedang diteliti. Kata kunci: implementasi, kebijakan, publik ,kebijaksanaan, pemerintah,undang-undang,peraturan daerah.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara 2016
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 20 Sep 2016 15:21
Last Modified: 20 Sep 2016 15:21
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12238

Actions (login required)

View Item View Item